International Office Universitas Jember menggelar Workshop Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Komunikasi Akademik pada tanggal 09 Nopember 2016 di gedung Soerahman lantai 3. Berbagai peserta yang hadir berasal dari Unit Kegiatan Mahasiswa dan Himpunan Mahasiswa Jurusan/Prodi se-Universitas Jember, Dekan se-Universitas Jember, pejabat UPP, pejabat UPT, dan sebagainya. Dalam workshop ini, menghadirkan pemateri yakni Drs. Zukfikar, Ph. D (Wakil Rektor 1), Rizki Fadilla (Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi sekaligus penggagas We Love Unej) dan Irwan Fahmi (Penggagas Info Jember). Dalam workshop ini, antusias peserta begitu tinggi, dibuktikan dengan hampir penuhnya tempat duduk yang tersedia di ruangan workshop. Selain itu, media sosial adalah salah satu bagian penting dalam era ini yang tak terbantahkan, sehingga tema kali ini mendapat sambutan baik dari para undangan peserta workshop.

Hal yang melatarbelakangi adanya gagasan pemanfaatan media sosial untuk peningkatan komunikasi akademik, menurut Wakil Rektor 1, hampir semua mahasiswa Universitas Jember mempunyai Smartphone yang didukung oleh media sosial. Tak hanya itu, pada saat Penawaran Mata Kuliah, sebagian besar mahasiswa menggunakan handphone seluler, sehingga hal tersebut memicu adanya sebuah gagasan untuk meningkatkan komunikasi dengan mengikuti alur perkembangan zaman dengan pemanfaatan media sosial dan sekaligus membenahi pola komunikasi yang kurang optimal. Tak hanya itu, media sosial yang harapkan Wakil Rektor 1, juga dapat dimanfaatkan sebagai media sosialisasi kegiatan di setiap sudut-sudut Universitas Jember dan sebagai sarana promosi produk-produk Tri Dharma Universitas Jember. Harapan tersebut didukung juga oleh ulasan-ulasan yang berasal dari penggagas We Love Unej dan Info Jember yang kabarnya mampu mengalahkan Official Universitas Jember bahwa karya yang mereka ciptakan telah menjadi sebuah media mahasiswa atau masyarakat umum untuk mengetahui informasi seputar Universitas Jember. Tak hanya itu, penggagas tersebut juga berbagi pengetahuan tentang media sosial dan manfaat yang dapat digunakan oleh pihak universitas untuk memperbaiki komunikasi akademik yang kurang optimal tersebut.

Tindak lanjut dari Workshop Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Untuk Peningkatan Komunikasi Akademik yang disampaikan oleh Wakil Rektor 1 adalah pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi produk-produk Tri Dharma Universitas Jember, pengembangan event-event kemahasiswaan dan selanjutnya akan tersambungkan pada link Web Universitas Jember, Perpustakaan Pusat, dan Web Fakultas, sosialisasi intensif baik official maupun voluenter, dan pengembangan E-Learning. Semoga dari workshop pemanfaatan media sosial untuk peningkatan komunikasi akademik akan mendoorng sekaligus membangun Universitas Jember menjadi lebih baik dan membentuk mahasiswa digital yang kemudian akan menjadi suplemen pendidikan digital yang baik.

By Pijar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *