Jember (23/02) Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan (FKIP) melaksanakan kegiatan tasakuran untuk mengukuhkan Mushola. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah memupuk rasa spiritual mahasiswa agar bisa lebih dekat dengan Sang pencipta dan munculnya rasa kepedulian terhadap pendidikan.Hal ini disampaikan oleh ketua Ta’mir FKIP Dr. Sukidin,M.Pd saat dimintai keterangan oleh reporter Pijar di Mushola FKIP.

Kegian kali ini bertujuan untuk melaksanakan kegiatan tasakuran Mushola Ki Hajar Dewantara. Dan kenapa Mushola ini diberi nama Ki Hajar Dewantara? Karena kami berharap dari mushola ini ada semangat proses pendidikan sesuai dengan fakultas kita yakni fakultas keguruan dan ilmu pendidikan. Dan kita tahu Ki Hajar Dewantara ini adalah tokoh pendidikan di Indonesia bahkan dunia, dan saya berharap untuk mahasiswa FKIP tidak hanya belajar masalah duniawi saja melainkan bisa memupuk rasa cinta terhadap Sang Pencipta”, ujar pak Kidin panggilan akrab beliau.

Pak Kidin juga menambahkan bahwa, Mushola ini tidak hanya sebagai bangunan yang berdiri tanpa penghuni melainkan sebagai sarana untuk tarbiyah maupun tempat dimana tempat belajar. “saya berharap, untuk mahasiswa FKIP khususnya, agar bisa memupuk semangat dan menjaga mushola ini, dan sebagai sarana tarbiyah ataupun pendidikan, baik pendidikan informal maupun non formal”, lengkapnya.

Dosen Pendidikan Ekonomi ini juga menyampaiakan, kegiatan di mushola ini sendiri, selain sholat berjamaah akan ada rutinan sholawat serta pembacaan surat yasin dan juga pengajian bulanan. “ yang paling dekat ini adalah peringatan Isro’ mi’roj  yang insya Allah akan dilaksanakan pada tanggal 18 april di muhola ki hajar dewantara ini yang insyaallah akan mendatangkan ketua PCNU jember KH. Samsul Arifin”, tegasnya.

Pak Kidin juga menyampaiakan bahwa  pembangunan mushola ini merupakan inisiatif dari keluarga alumni FKIP ketika reuni, dimana para alumni ini ingin memberikan kontribusi terhadap FKIP. “pembangunan mushola Ki hajar dewantara menelan biaya hampir 150 juta rupiah yang didapat dari para donatur alumni FKIP, civitas akademi FKIP, maupun masyarakat luar”,lengkapnya.

  • Dan selama pengamatan reporter PIJAR dilokasi, acara tersebut dihadiri oleh kalangan civitas akademik FKIP dan Ormawa (organisasi mahasiswa) yang ada di FKIP. Dan dari informasi yang didapatkan oleh reporter PIJAR bahwa pembanguna mushola ini didirikan pada bulan September 2016 dan telah diresmikan pada akhir Desember 2016  kemarin oleh Prof. Dafik, .M.sc, P.hd selaku dekan FKIP.(mh)

By Pijar

2 thoughts on “MUSHOLA BARU , HARAPAN BARU”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *