Pena Pijar – Rabu (8/5) Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember telah membayarkan uang pelunasan panggung konser Rizky Febian dalam acara BEM AWARDS Desember 2018 silam. Pelunasan panggung yang sejatinya dibayarkan 3 hari setelah acara terlaksana terpaksa tidak dibayarkan karena BEM 2018 selaku penyelenggara kegiatan mengalami devisit dana sampai 82 juta rupiah. Hal ini memaksa kepanitiaan melakukan segala cara termasuk hutang kepada Fakultas dan beberapa orang untuk menutupi kekurangan dana kegiatan. Namun, karena uang pemasukan dari tiket tidak mencapai target membuat hutang terus menumpuk dan terpaksa menggunakan sistem gali lubang tutup lubang.
Melihat situasi yang semakin buruk, Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember periode 2019 menginisiasi gerakan solidaritas mahasiswa FKIP dengan persetujuan Wakil Dekan III dan seluruh Organisasi Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan dengan menurunkan Surat Keputusan Badan Perwakilan Mahasiswa Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Penggalangan Dana Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Sebagai Upaya Pembayaran Hutang Bem FKIP UNEJ 2018.
Setalah turunnya SK BPM tersebut, mahasiswa FKIP secara masif dan dikoordinir oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) bersama-sama menyumbangkan sedikit uang sakunya untuk mengurangi hutang BEM 2018. Hasil dari penggalangan dana mahasiswa selama 3 hari terkumpul uang sebanyak Rp. 30.521.000,- ditambahkan sumbangan dosen-dosen Pendidikan Fisika sebesar Rp. 2.500.000,- dan donatur yang tidak ingin disebutkan namanya sebesar Rp. 300.000,- sehingga terkumpul uang sebanyak Rp. 33.321.000,- yang selanjutnya dikumpulkan kepada BPM selaku organisasi mahasiswa tertinggi di lingkungan FKIP sekaligus fasilitator penyelesaian permasalahan hutang BEM 2018.
Rabu kemarin Ricky Yulius Kristian selaku Ketua Badan Perwakilan Mahasiswa FKIP 2019 bersama dengan Rema Yuszahra perwakilan dari BEM FKIP 2018 disaksikan oleh UKPM Pijar Pendidikan bertemu dengan Rino Kena Ikaputra selaku Vendor Panggung Sound And Lighting Sriwijaya untuk membayarkan kekurangan pembayaran sebesar Rp. 13.500.000,-. Saat ini uang yang tersisa dari hasil penggalangan dana diatas Rp. 19.821.000,- dan akan didistribusikan kepada pihak-pihak yang memberikan pinjaman terhadap BEM FKIP 2018. (glq)

By Pijar

One thought on “Memperingan Hutang BEM FKIP 2018: Dana Penggalangan dari Mahasiswa Telah Disalurkan oleh BPM FKIP 2019”
  1. Good news.. aku berharap pena pijar makin aktif menampilkan berita-berita seperti ini. Sukses selalu pena pijar !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *