Siapa sih yang tidak kenal dengan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tidak hanya romantis dengan puisi-puisi cintanya, tetapi juga prospek kerja Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang cukup banyak dan menjanjikan untuk masa depan. Apa lagi sekarang telah memasuki era digital 4.0 dan era society 5.0, pentingnya menyiapkan skill atau kemampun sejak dini adalah suatu hal yang diidealkan. Bagi Kamu yang tertarik dengan ilmu Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia. Berikut penulis paparkan berdasarkan dari berbagai sumber di website, yuk peluang kerjanya di bawah ini!

  1. Menyimak
  2. Penerjemah lisan (Interpreter)

Wacana Geopolitik Internasional semakin menguat di tengah gencar-gencarnya modernisasi menghegemoni Negara Indonesia. Kiranya perlu penanaman wawasan kebangsaan guna menghadapi permasalahan tersebut. dalam hubungan diplomatik dan kedaulatan ke luar negeri tentunya seorang Interpreter dibutuhkan untuk membantu komunikasi dengan perbedaan bahasa. setiap kegiatan yang berkelas internasional dibutuhkan penerjemah bahasa agar komunikasi berjalan lancar. Kemampuan berbahasa Indonesia yang baik serta didukung dengan keterampilan bahasa asing dapat menjadi kombinasi yang sesuai sebagai seorang Interpreter. Berprofesi sebagai interpreter tentunya memiliki kepuasan karena bisa terhubung dengan banyak hal baru, bahkan orang-orang baru. Bagaimana gajinya? Gajinya pun menjanjikan yang sifatnya freelance. Untuk bahasa yang sulit misalnya Rusia, Mandarin, atau Swahili, tarifnya, bisa mencapai Rp. 8-10 juta sehari untuk 8 jam kerja. Kalau bahasa inggris antara Rp. 2,5 juta – Rp. 6 juta sehari.

Revolusi Industri telah digaungkan di berbagai negara guna meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan penduduknya. Dalam hal ini perdagangan antar negara tidak dapat terelakkan, sehingga mengharuskan perusahaan mengeluarkan produk unggulan agar bisa memenuhi kebutuhan ekspor. Guna memperkenalkan produk tentunya seorang manajer perusahaan menjalin hubungan kerja sama dengan perusahaan lain di luar negeri. Pada prosesnya dibutuhkan seorang penerjemah lisan yang menguasai berbagai bahasa agar dalam menjalin kerja sama dapat berjalan dengan baik. Dengan kemampuan bahasa, wawasan budaya, dan pengetahuan seorang penerjemah sangat dibutuhkan.

  1. Wartawan

Era reformarsi telah membuka keran kebebasan pers yang berdampak menjamurnya media massa lokal, nasional, maupun internasional. Lulusan PBSI juga bisa menjadi wartawan koran, lho! Media massa saat ini juga semakin canggih dengan berbasis Multi-platform, sehingga keterampilan di dalam bidang teknologi informasi kian dihargai. Banyak media massa terkenal di Indonesia yang membutuhkan wartawan dengan pengetahuan bahasa yang memadai. Wartawan juga dituntut untuk pandai menyimak narasumber, pakar ahli dsb.

  1. Konsultan bahasa

Menjadi seorang konsultan bahsaa adalah kesempatan emas untuk para lulusan PBSI, terutama bagi kalian yang ingin berkonsentrasi di bidang linguistik. Tugas seorang konsultan bahasa di antaranya melakukan evaluasi terhadap tulisan dalam makalah, skripsi, tesis dan karya ilmiah lainnya. Seorang konsultan bahasa harus memiliki kemampuan berpikir kritis dan logis, serta memahami metode kualitatif dan kuantitatif yang dibutuhkan dalam mengelola data penelitian. Kemudian memiliki kemampuan mengaplikasikan ilmu bahasa dalam bidang ilmu lain.

  1. Membaca
  2. Editor/Penyunting

Setelah dibukanya keran kebebasan pers di era reformasi, kini kian berkembangnya industri media cetak dan digital, kebutuhan akan penulis dan editor juga kian bertambah setiap waktu. Pekerjaan menjadi seorang penyunting sangat membutuhkan ketelitian, sikap kritis, dan wawasan yang luas. Kalian juga harus memahami mata kuliah bidang linguistik seperti ejaan, tata bahasa, sintaksis dan lainnya. Kalian juga perlu mempersiapkan portofolio hasil suntingan naskahmu. Bisnis penerbitan buku menjadi bisnis yang cukup menjanjikan di Indonesia. setiap penerbit membutuhkan seorang editor untuk mempercantik hasil tulisan penulis sehingga karya menjadi lebih menarik untuk dibaca. Gajinya pun lumayan teruntuk editor freelance berkisar 45 ribu perhalaman. Terlebih lagi, banyak sekali naskah tejemahan dari penulis mancanegara yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia. Maka mengkombinasikan dengan bahasa Inggris merupakan kombinasi yang ideal.

  1. Penerjemah tulis

Hal ini sesuai tugas seorang editor, beberapa lembaga penerbitan, media massa dsb juga membutuhkan penerjemah bahasa tulis. Pekerjaan ini bisa kalian lakukan selaku lulusan PBSI adalah sebagai penerjemah bahasa tulis. Adapun profesi ini memiliki gaji berkisar 5 hingga 6 jutaan.

  1. Menulis
  2. Sekretaris

Kalian bercita-cita untuk kerja di perusahaan besar? Bisa banget! Lulusan PBSI fleksibel untuk bekerja di perusahaan mana saja. Bahkan kalian bisa bekerja di lembaga pemerintah seperti balai bahasa, bagian kehumasan, dan kesekretariatan dalam kementerian. Lulusan PBSI dapat juga bekerja sebagai sekretaris. Sekretaris mempunyai tugas mengerjakan perihal surat menyurat serta mengoreksi proposal kegiatan dan sebagainya sehingga membutuhkan kemampuan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah PUEBI. Apalagi kalau sudah mempelajari masalah penulisan selama perkuliahan kemudian diseimbangkan dengan menjabat sekretaris organisasi, akan menambah kemampuan menjadi sekretaris.

  1. Sastrawan (drama, cerpen, puisi dsb)

Kemampuan menulis karya sastra harus ditekuni dengan sabar. Setelah menguasai teknik kepenulisan yang baik dan menarik, menjadi seorang novelis, cerpenis, prosais, atau esais, kritikus dll adalah suatu pilihan yang baik. Pada era reformasi ini, karya pengarang lebih dihargai dengan menambahkan kolom khusus di media massa. Hononarium yang diberikan media cetak pun cukup menjanjikan yakni berkisar 300 sampai 1 juta rupiah. Mulailah mengasah kepenulisanmu, menuangkan gagasan/ide dengan ilmu-ilmu kesusastraan yang telah kalian pelajari. Janganlah ragu mengkompetisikan, mengirimkan dan menerbitkannya ya!

  1. Jurnalis

Menjadi jurnalis profesional merupakan pekerjaan idaman PBSI. Pada era digital 4.0 saat ini banyak sekali media daring maupun luring di Indonesia yang bertujuan menberikan informasi kepada khayalak ramai. Lowongan menjadi Jurnalis semakin terbuka. Bukalah wawasan pengetahuan kalian secara terbuka. Jurnalis harus mempunyai kecakapan Bahasa Indonesia yang baik dalam membuat berita sehingga isi berita menjadi akurat dan mudah dipahami masyarakat. dalam bergerak, seorang jurnalis tidak boleh melupakan kode etik jurnalistik yang telah disepakati. Peluang pekerjaan sebagai seorang jurnalis membutuhkan seseorang yang mempunyai pikiran kritis terhadap segala permasalahan serta mampu menuangkannya ke dalam suatu tulisan. Kabarnya gajinya pun cukup menjanjikan, yakni berkisar 500 sampai 3 juta rupiah bergantung tempat kalian magang.

  1. Copy writer

Memproduksi tulisan adalah sarana mengungkapkan pikiran dan gagasan. Pekerjaan sebagai penulis tetap atau freelancer di sebuah perusahaan adalah prospek sangat baik bagi lulusan Bahasa Indonesia. karangan penulisan yang menarik akan mengundang perhatian dari advertising perusahaan memilih kalian masuk ke dalam perusahaannya menjadi seorang copy writer. Copy writer merupakan salah satu unsur penting dari setiap bentuk pemasaran dan periklanan. Penggunaan bahasa yang baik menyuguhkan kesan kepada pembaca atau penonton .

  1. Blogger

Kalian pasti mengenal Raditya Dika bukan? Ya dia adalah seseorang yang sukses dengan cara mengelola blogger. Isi blog yang menarik memberikan kesan tersendiri bagi pembaca. Seorang blogger atau penulis konten secara daring tentu dibekali dengan kemampuan menulis yang baik dengan Bahasa Indonesia.

  1. Leksikografer

Tugas leksikografer adalah menulis, melakukan kompilasi dan mengedit kamus, baik itu dalam bentuk cetak ataupun yang dipublikasikan secara daring. Kamus ysng dibuat seperti kamus bahasa asing, bahasa daerah, kamus pelajar dsb. pekerjaan ini bisa dilakukan melalui balai bahasa di setiap daerah kalian.

  1. Content writer

Content writer merupakan penulis profesional yang dimana tulisan tersebut akan di publish di internet. Pekerjaan Content Writer saat ini banyak sekali dicari oleh banyak perusahaan loh, gaes. Para perusahaan mencari pekerja content writer dengan tujuan yaitu membuat konten-konten yang berkualitas dan dapat menarik pembaca untuk membaca berbagai artikel pada website dan membaca setiap artikel yang telah ditulis.

Selain kemampuan dalam menulis, seorang content writer harus mampu melakukan penelitian. Penelitian ini berugna untuk para content writer dalam mengembangkan suatu konten ynag akan mereka tulis. Penelitian ini bisa dilakukan dengan cara wawancara atau hanya sekedar searching data-data apa yang dapat digunakan untuk mengimbangkan konten yang sedang ditulis.

Para content writer ini memiliki sejumlah tanggung jawab, yang paling utama adalah meningkatkan jumlah pengunjung website dengan menulis konten artikel yang menarik. Para content writer pun diharuskan untuk konsisten dalam memperbanyak konten artikel di website perusahaan dan tentunya tanpa melupakan kualitas dari artikel itu sendiri.

  1. Pariwisata

Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tentunya dibekali dengan ilmu pengetahuan tentang Tradisi Lisan Indonesia, mata kuliah ini berperan penting untuk meneliti tentang Tradisi, Budaya dan Sejarah lisan di Indonesia. Misalnya saja di daerah kalian terdapat gunung terkenal, nah pada proses historis penamaan gunung tersebut biasanya memiliki latar belakang cerita yang sarat akan makna. Bidang keilmuan sangat berguna sebagai mem-branding daerahmu menjadi daerah wisata.

  1. Script film

Dalam menonton film, mungkin kamu pernah terbawa suasana. Jika filmnya sedih, kamu bakal ikut sedih, dan jika filmnya lucu, maka kamu akan tertawa terbahak-bahak. Efek itu merupakan akibat dari alur dalam film yang didukung oleh naskah narasi. Di dunia perfilman sendiri, naskah narasi atau skenario adalah suatu hal mendasar yang mendukung berjalannya suatu film yang lagi dikerjakan. Dan tokoh pentingnya di sini adalah sang script writer. Buat kamu yang suka menulis dan nonton film, profesi sebagai script writer ini cocok bagi kalian yang menempuh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Dalam profesi ini terbilang seru dan memiliki gaji yang lumayan bisa mencapai 20 juta.

  1. Berbicara
  2. Motivator

Seorang motivator dengan kemampuan bahasa Indonesia yang baik tentu akan lebih memberikan pengaruh kepada orang lain dengan pilihan kata yang digunakan. Kemampuan dalam menyampaikan dorongan semangat kepada orang lain menggunakan bahasa yang baik akan lebih didengarkan dan dimengerti sehingga seorang lulusan sastra bahasa Indonesia dapat menjadikan ini sebagai suatu peluang kerja yang menjanjikan mengingat telah banyak motivator di Indonesia yang menginspirasi banyak orang dengan kalimatnya.

  1. Reporter

Reporter yang bertugas melaporkan suatu berita harus dibekali dengan komunikasi bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga kulaitas berita yang disampaikan menjadi baik dan mudah dimengerti oleh orang lain. Penggunakan kata baku sampai dengan cara penyampaian berita yang sesuai akan menjadi bagian penting bagi seorang reporter sehingga lulusan bahasa Indonesia yang telah terbiasa dengan hal tersebut dapat bekerja sebagai seorang reporter.

  1. Pembawa Acara

Pembawa acara atau pranatacara (master of ceremony disingkat MC atau Host) adalah orang yang bertugas sebagai tuan rumah sekaligus pemimpin acara dalam panggung pertunjukan, hiburan, pernikahan, dan acara-acara sejenis. Pembawa acara membawakan narasi atau informasi dalam suatu acara atau kegiatan, ataupun dalam acara televisi, radio dan film. Pembawa acara biasanya membaca naskah yang telah disiapkan sebelumnya, tetapi sering juga mereka harus memberikan komentar atau informasi tanpa naskah.

Bila presenter hanya tertuju dalam sebuah media massa saja, maka pekerjaan sebagai pembawa acara pun bisa diposisikan dalam berbagai perhelatan event. Menjadi pembawa acara tentu membutuhkan kualitas gaya bicara yang baik, pandai menempatkan diri, dan mampu membawa acara menjadi sesuai harapan. Unsur – unsur komunikasi tentu terdapat di dalamnya. Meskipun bisa dipelajari secara otodidak, namun lulusan PBSI tentu memiliki keahlian menjadi pembawa acara yang dipelajari dalam studinya.

  1. Pemandu Wisata

Pemandu wisata merupakan peluang kerja yang cukup banyak diminati karena tempat kerja yang indah secara tidak langsung mempengaruhi kinerja seseorang. Pemandu wisata dibekali kecakapan berkomunikasi dengan baik sehingga mampu dimengrti oleh wisatawan. Pemnadu wisata yang mempunyai basic jurusan bahasa Indonesia akan lebih baik dalam berkomunikasi dengan pilihan kata yang menarik sehingga penjelasan terkait tempat wisata lebih mudah dipahami.

  1. Kedutaan besar RI

Pekerjaan di Keduataan Besar Republik Indonesia membutuhkan pekerja yang terampil berbahasa Indonesia salah satunya untuk mengadakan pelayanan langsung kepada warga Indonesia di luar negeri. Peluang kerja ini sangat menjanjikan mengingat disetiap negara selalu ada kantor Kedutaan Besar RI yang memantau warganya di luar negeri.

  1. LSM

Lembaga Sawdaya Masyarakat membutuhkan seorang yang mempunyai kecakapan menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sehingga mampu memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Peluang kerja ini dapat diisi oleh lulusan sastra Indonesia khususnya bagi LSM yang bergerak di bidang pendidikan dan sosial.

  1. Volunteer (relawan pendidikan)

Dewasa ini tumbuh menjamur lembaga pengabdian masyarakat independen. Lembaga ini mempunyai tujuan untuk mendelegasikan relawan dari berbagai macam bidang keilmuan yang arahnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar). Bidang pendidikan merupakan bidang yang paling dibutuhkan guna meningkatkan pendidikan di wilayah 3T.

Perusahan besar dan instansi pemerintah mempunyai sebuah lembaga amal yang bergerak di bidang pendidikan membutuhkan lulusan pendidikan salah satunya pendidikan bahasa Indonesia. Pada lembaga ini lulusan bahasa Indonesia dapat merencanakan program yang dapat mengembangakan pendidikan khususnya pendidikan bahasa Indonesia sebagai bahasa penting bagi negara ini.

  1. Pengisi Suara (dubber)

Pengisis suara atau Dubber dapat menjadi peluang kerja yang baik bagi lulusan sastra Indonesia. Pengisi suara banyak dibutuhkan untuk pada film luar negeri maupun acara kartun anak yang menggunakan percakapan untuk menyampaikan sebuah cerita.

Tugas seorang pengisi suara adalah menceritakannaskah dengan gaya komunikasi yang menarik dan intonasi suara yang sesuai sehingga cerita lebih hidup dan sesuai dengan gerakan dalam film. Lulusan sastra Indonesia yang telah berkecimpung dengan dunia pementasan akan mudah menjalankan pekerjaan menyenangkan sebagai seorang pengisi suara. Gaji yang didapatkan juga lumayan nih good people, mulai dari 3.4 juta perbulan!

  1. Pendidikan
  2. Pengajar BIPA (Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing)

Kini pengajaran bahasa indonesia tidak melulu diajarkan kepada warga pribumi, pengembangan bahasa indonesia udah ke ranah internasional, kemendigbud sendiri mencatat bahwa bahasa indonesia telah diajarkan di 45 negara di dunia. wow keren yah!. peluang banget nih bagi kamu yang saat ini kebetulan kuliah di jurusan pendidikan bahasa indonesia. Nah kalo kamu tertarik mulai deh dari sekarang ditingkatkan penguasaan bahasa asingnya yah terutama bahasa inggris. Karena sebagai pengajar BIPA ini gak mudah dan sembarangan ada kriteria tertentunya termasuk skill bahasa asing ini guys.

  1. Linguistik Forensik

Indonesia merupakan Negara yang memiliki berbagai fenomena sosial bermacam-macam ada yang berupa suatu penyimpangan dan norma atau budaya masyarakat. Terkait dengan penyimpangan sosial yang dilakukan oleh masyarakat ada yang ditindaklanjuti dengan hukum dan ada yang dibiarkan begitu saja.

Linguistik forensik  merupakan suatu kajian ilmu bahasa yang menganalisis dan meniliti tentang kebahasaan yang digunakan sebagai alat bantu pembuktian di peradilan dan bidang hukum. Linguistik forensik, menurut Mc Menamin (2002), adalah studi ilmiah mengenai bahasa yang diterapkan untuk keperluan forensik dan pernyataan hukum. Ketika seorang curanmor fasih dalam berbahasa lokal yang merupakan suatu budaya turun menurun dari nenek moyangnya dan kurang lancar dalam bahasa nasional maka dapat terjadi suatu kesalahpahaman dalam interogasi. Maka dari itu, diperlukan suatu kolaborasi lay detector dengan analisis linguistik forensik.

Bagaimana sarjana muda? Itulah beberapa prospek yang mungkin bisa jadi referensi buat mengembangkan bakat kalian. Sebenernya masih banyak prospek lainnya selain yang udah disebutin tadi. Gimana? Udah tau gitu  kamu-kamu yang dulunya nganggep kalo kuliah di Pendidikan bahasa dan sastra indonesia itu pasti ujung-ujungnya jadi Guru aja ternyata punya sisi prospek lain yang ngga kalah dari jurusan-jurusan prestisius lainnya kan?

     Nah bagi kalian yang sekarang lagi kuliah dijurusan bahasa dan sastra indonesia mulai nyoba asah dan gali passion kalian yah. Tentunya harus dengan ketekunan dan rajin belajar juga yah. Barangkali salah satunya bakal jadi profesi kalian kelak. So, Keep is being spirited guys!

By Pijar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *