Penapijar.com – Unit Kajian Kerohanian Islam Muslim Academic Student Activity (UKKI MASA) merupakan salah satu UKM di FKIP UNEJ. Organisasi yang bergerak dalam bidang keagamaan islam ini akan mengadakan kegiatan pelatihan bilal pada Sabtu, 18 Juli 2020, pukul 15.30-16.30 WIB. Pelatihan tersebut akan dilakukan secara terus menerus selama empat minggu kedepan.

“Kita mulai lagi 18 Juli ini dan empat pertemuan yang akan datang, Jadi empat minggu kedepan,” jelas Faiq Muhammad ketua UKKI MASA 2020 saat di hubungi via whattaps.

Pelatihan bilal ini merupakan salah satu pelatihan yang di adakan oleh UKKI MASA di samping pelatihan tartil dan pelatihan KTIQ (Karya Tulis Ilmiah Qur`an) dalam proker BTA (Baca Tulis Al-qur`an).

“Pelatihan bilal ini merupakan salah satu pelatihan dalam kegiatan kami yakni BTA, dalam BTA ini kami mengadakan tiga pelatihan, yang pertama ini pelatihan bilal, kemudian tartil, lalu KTIQ,” jelasnya.

Faiq menjelaskan tujuan diadakan pelatihan ini yaitu agar mahasiswa mempunyai bekal saat terjun dalam masyarakat. Bilal memiliki posisi sangat penting dalam masyarakat karena untuk menghidupkan tempat ibadah seorang muslim, maka kemampuan untuk menjadi bilal ini sangat diperlukan.

“Sehingga memiliki bekal yang mempuni ketika nantinya terjun dimasyarakat, bilal ini kami rasa cukup penting, karena ketika kita menghidupkan sebuah masjid, menghidupkan sarana untuk beridah maka setidaknya kita harus bisa menjadi seorang bilal,” jelas Faiq mahasiswa Program Studi PBSI tersebut.

Sasaran peserta untuk pelatihan ini yaitu mahasiswa yang kuliah di Universitas Jember.

“Kami rasa diperlukan pelatihan-pelatihan ini pada mahasiswa umumnya, kalau umum ini sendiri mahasiswa Universitas Jember yang jelas ya,” ungkap Faiq.

Harapan lain dari acara ini yaitu peserta nantinya bisa menjadi bilal di masjid Ki Hajar Dewantara yang ada lingkungan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Hal itu dilakukan sebagai implementasi dari pelatihan tersebut.

“Nantinya bisa kita bergantian menjadi bilal di masjid KHD, jadi sebagai praktik kita,” tambah mahasiswa angkatan 2017 tersebut.

Kegiatan ini di adakan secara daring (online) dengan menggunakan zoom dan pengiriman link via grup whattaps. Sebelumnya pihak UKKI MASA sudah menyebarkan link grup whattaps tersebut. Informasi tersebut di peroleh dari pamflet dan broadcast yang di kirim oleh ketua UKKI MASA pada salah satu grup whattaps (FORUM KETUM ORMAWA 2019).

 

Penulis: Muhamad Saini

Editor : Huda

By Pijar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *