KPUM FKIP Rencanakan Pesta Demokrasi di Bulan Februari 2021

Sumber foto : pribadi

PENAPIJAR.com – Pergantian tahun menjadi fase penentu siapa yang bakal memimpin mahasiswa dalam masa satu tahun kedepan atau lebih dikenal dengan pesta demokrasi, yakni memilih pasangan calon BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) dan calon legislatif BPM (Badan Perwakilan Mahasiswa) yang pada proses pelaksanaanya diselenggarakan oleh KPUM.

Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa Fakultas (KPUM-F) rencanakan pesta demokrasi pemilihan pasangan calon BEM dan calon legislatif BPM pada bulan Februari 2021.

“Rencana awal dari KPU untuk inti pesta demokrasinya itu di bulan Februari,” terang Muhamad Huda selaku komisaris KPU.

Huda menjelaskan alasan memilih bulan Februari karena prosesi pesta demokrasi kali ini harus selektif dan serangkaian acara sosialisasi sehingga membutuhkan waktu yang agak panjang sejak KPUM-F terbentuk.

“Tujuan Pemira FKIP Unej ini, memilih pemimpin yang benar-benar seorang pemimpin yang mana di dalam proses pesta demokrasi nanti memiliki serangkaian yang cukup panjang, salah satunya pendaftaran bakal paslon dan bakal calon pasti membutuhkan waktu yang agak panjang,” jelas Huda.

Komisaris KPUM ini juga menerangkan serangkaian acara yang akan dilalui oleh pasangan calon BEM dan calon BPM yang mendaftar nantinya.

“Selanjutnya ada tes tulis, verifikasi berkas, penetapan dan seterusnya sampai di hari H yakni pemilihan,” Imbuhnya.

Pelaksanaan pemilihan nantinya, KPUM rencanakan pemungutan suara secara online/daring melalui event e-vote di Sister melihat kondisi pandemi yang dialami sivitas akademik FKIP Universitas Jember saat ini.

“Mengingat pandemi seperti ini diupayakan secara online,” terang Huda yang berstatus mahasiswa aktif Pendidikan masyarakat angkatan 2018 ini.

Penulis : Lhatif

 


Kirim tulisan kawan-kawan ke mail redaksi@penapijar.com lengkapi tulisan dengan ilustrasi gambar, foto pribadi dan data diri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *