PENAPIJAR.com – Pemilihan Umum Raya atau PEMIRA merupakan event tahunan mahasiswa dalam memilih Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan anggota Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM) di tingkat Fakultas maupun Universitas. Tanggal 10 Desember 2020 mendatang ini menjadi momentum bersejarah karena proses pemungutan suara untuk Paslon BEM dan anggota BPM pada tataran Universitas. Satu hari tersebut menjadi ajang penentu dari prosesi kontestasi kampanye setiap paslon yang telah konsisten mengenalkan dan menyuarakan visi-misinya selama 23 hari masa kampanye. Mahasiswa yang dapat berpatisipasi dalam pesta demokrasi mahasiswa kali ini yaitu mahasiswa yang sedang menempuh S0 dan Strata 1(S1).

PEMIRA kali ini bisa dikatakan salah satu PEMIRA yang bakal seru. Selain banyaknya calon anggota BPM yang mendaftar, juga pasangan calon BEM U yang melebihi dua pasang calon menjadi dasar mengapa PEMIRA kali ini bisa dikatakan bakal seru. Kemudian, prosesi pemungutan suara dilakukan sepenuhnya secara daring melalui sister.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) menjadi fakultas yang aktif dalam pesta demokrasi ini. FKIP menjadi salah satu fakultas yang mengirimkan calon BEM U dalam kontestasi ini. Uways Al-Qorni (2018) menjadi calon satu-satunya yang berangkat dari FKIP. Dia maju menjadi calon wakil ketua BEM U tahun 2021 bersama pasangannya Muhammad Rizal Syaiful Nur (2017) yang berasal dari Fakultas Hukum.

Beberapa hari yang lalu, Uways (panggilan akrab Uways Al-Qorni) menemui pimpinan tertinggi (Dekan) FKIP untuk minta izin dan memohon doa dalam ajang tahunan ini. Dalam pertemuannya, Dekan FKIP menyambut baik Uways saat ditemui di Ruang Dekan. Sambutan hangat dari Dekan FKIP juga menjadi salah satu faktor yang menguatkan keyakinan Uways untuk terus maju dalam kontestasi pemilihan BEM U.

Mahasiswa Program Studi Matematika ini merupakan representasi mahasiswa FKIP. Dia yang akan menjadi sosok penggerak untuk melayani, mendampingi, dan pengawalan terhadap mahasiswa Unej termasuk FKIP melalui Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas.

Penulis : Muhamad Saini

Editor : Lhatif