Foto : Logo KPUM FKIP UNEJ

PENAPIJAR.com – KPUM Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember sukses gelar pesta demokrasi dengan terselenggaranya Pemilihan Umum Raya (PEMIRA) yang menarik partisipasi ribuan mahasiswa untuk memilih. Pelaksanaan pemilihan dilaksanakan secara online melalui e – vote dengan menggunakan sister web dari pukul 07.00 – 17.00 WIB (26/1/2021).

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) FKIP, M. Khoirul Huda pada saat dihubungi melalui telepon seluler mengungkapkan jumlah pemilih tahun ini dengan tahun sebelumnya telah mengalami peningkatan. Tahun kemarin hanya seribu dua ratusan pemilih sedangkan tahun ini  mencapai 2.047 pemilih.

Pemilihan yang dilaksanakan secara online melalui sister ini sukses terlaksana dengan baik. Lebih lanjut, ketua KPUM Huda sapaan akrabnya mengatakan kalau sistem e – vote sebenarnya sudah terlaksana dua kali di FKIP, namun kali ini jumlah pemilih yang naik dibanding dua tahun sebelumnya. Hal tersebut membuktikan mahasiswa FKIP telah melek demokrasi.

“Alhamdulillah pada tahun ini mengalami peningkatan yang signifikan, jika dilihat dengan partisipasi tahun kemarin. Tahun ini jumlah pemilih mencapai 2.047 mahasiswa yang turut serta dalam memeriahkan pesta demokrasi di FKIP,” ungkapnya.

Huda mengatakan pemilihan yang dilaksanakan secara online ini memiliki tantangan tersendiri bagi KPUM utamanya dia sebagai ketua pelaksana. Strategi yang dilakukan KPUM dalam mengajak mahasiswa untuk memilih Ketua dan Wakil Ketua BEM, dan anggota BPM dengan cara memasifkan peran media telekomunikasi guna sebagai alat untuk sosialisi KPUM. Selain itu, KPUM juga bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) untuk membantu menyebarluaskan informasi dari KPUM.

“E – vote ini memiliki beberapa kendala, namun kita sebagai KPUM tidak kehabisan akal dalam penyebarluasan informasi. Kita meminta bantuan elemen mahasiswa utamanya HMP yang tersebar disetiap Prodi dan juga memaksimalkan sosial media untuk keberhasilan pesta demokrasi tahun ini,” tuturnya.

Lebih lanjut ketua KPUM berharap dengan jumlah partisipasi tahun ini yang tinggi, tahun berikutnya harus lebih tinggi lagi. Karena DPT diFKIP itu sebanyak 6.798 mahasiswa, maka paling tidak bisa menargetkan sebanyak 50% dari jumlah DPT di FKIP.

“Saya harap KPUM tahun depan bisa menargetkan 50% dari jumlah DPT,” tutupnya.

Reporter : Dwi Ilma Damayanti

Editor :  Achmad Fuji Asro