Penapijar.com-Rabu, 10 Februari 2021 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) mengadakan workshop dan pendampingan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM). Acara tersebut di isi oleh tiga narasumber yang sudah memang berkompeten dibidangnya.

“narasumbernya yang pertama itu Dr. Iis Asyiah, beliau dosen Biologi. Terus yang kedua bapak Dr. Supeno, dosen dari pendidikan fisika, dan satu lagi bapak Dr. Yuli Wibowo” sebut ibu Ruli sebagai ketua penyelanggara dalam acara tersebut.

Acara yang diselenggarakan oleh Tim PPM fakultas tersebut berskala nasional dan bahkan mengundang seluruh wadek se-Indonesia. Kemudian sistemnya di adakan secara blended (semi virtual).

“itu seluruh Indonesia kalau kita lihat secara nasional, jadi memang program pelatihannya open, seluruh Indonesia, seluruh mahasiswa, seluruh angkatan, beserta juga wadek-wadek” tambah dosen yang mengajar di prodi Pendidikan Sejarah itu.

Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa acara ini tidak hanya pelatihan. Namun, juga akan di tindak lanjuti melalui pendampingan pada mahasiswa FKIP untuk menghasilkan karya PKM. Pendampingan tersebut akan dilakukan di setiap prodi melalui tim PPM. Hal tersebut sesuai dengan indikator diadakannya acara tersebut.

“untuk proposal yang akan di kirim ke PKM raya, minimum itu 50, tapi kemungkinan akan lebih karena kita mempunyai 12 prodi, itulah target kita”

Sejalan dengan hal tersebut, Wakil Dekan 3 memberikan tanggapan terkait adanya acara Workshop dan pendampingan tersebut.

“workshop ini berkaitan dengan kegiatan sebelumnyayang sama, yang diadakan oleh pihak universitas yaitu berkaitan dengan kegiatan pelatihan kepenulisan ilmiah. Adapun yang ingin di capai dalam kegiatan ini yaitu untuk kegiatan PKM raya” jelas Dr. Sukidin, M.Pd saat di temui di ruang kerjanya.

Wafiroh sebagai ketua UKM Prisma juga sekaligus undangan dalam acara tersebut menilai bahwa acara seperti itu memiliki dampak positif untuk kemajuan proposal yang kirim oleh mahasiswa FKIP ke PKM raya.

“tentu saja memiliki dampak, karena di sini kan ada pendampingan juga, dari setiap prodi ada penugasan 1 tim PPM untuk memantau. Dengan hal itu, proposal yang di kirimkan oleh mahasiswa FKIP diharapkan lebih banyak dari tahun sebelumnya” terang ketua UKM yang fokus pada penulisan ilmiah itu.

Selain itu, Wafi panggilan akrabnya mengungkapkan harapan bahwa proposal yang di kirim oleh mahasiswa FKIP memiliki kualitas yang baik dan juga harapan untuk kegiatan worshop dan pendampingan ini bisa dilakukan secara berkala dan benar-benar di pantau.

Penulis : Muhamad Saini

Editor : Achmad Fuji Asro