Gambar : https://unej.ac.id/pendidikan/fakultas-keguruan-dan-ilmu-pendidikan

 

Penapijar.com – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) telah melakukan kerjasama dengan Perguruan Tinggi lainnya dengan melaksanakan program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM) dalam bentuk kegiatan pembelajaran yang sesuai pada Permendikbud No 3 Tahun 2020 Pasal 15 ayat 1 dapat dilakukan di dalam Program Studi dan di luar Program Studi.

Pembukaan MBKM pada pertemuan yang dilaksanakan melalui daring dengan media Zoom dihadiri oleh beberapa pemangku jabatan di FKIP, dosen, dan mahasiswa yang mengikuti program MKBM pada pagi hari  ini, jam 09.00 – 10.15 WIB, Selasa, (26/2/2021).

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Suratno, M.Si menyampaikan bahwasannya FKIP turut berpartisipasi dalam program MBKM dengan menyelenggarakan kerjasama  antar universitas, fakultas dan program studi yang tersebar di Indonesia.

“Mahasiswa FKIP (Inbound) yang menempuh perkuliahan di universitas luar FKIP UNEJ cukup besar yang mengikuti program MBKM yang telah dibuat oleh Kemendikbud, dari berbagai program studi. Selain itu mahasiswa outbound juga banyak yang bergabung dalam perkuliahan di FKIP disemester genap,” ungkap Prof. Ratno sapaan akrabnya.

Wakil Dekan 1  juga menjelaskan sejumlah prodi yang mengikuti program ini yakni S1 Pendidikan IPA, S1 Pendidikan Biologi, S1 Pendidikan Fisika, S1 Pendidikan Geografi, S1 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan IPA.

“Sejumlah prodi melaksanakan program MBKM ini dengan rincian data S1 Pendidikan IPA  mahasiswa inbound  66 mahasiswa yang bergabung ke FKIP, S1 Pendidikan IPA mahasiswa outbond 60 mahasiswa yang menimba ilmu ke universitas luar. S1 Pendidikan Biologi inbound 50 mahasiswa, S1 Pendidikan Biologi outbound 99 mahasiswa. S1 Pendidikan Geografi inbound 96 mahasiswa, S1 Pendidikan Geografi outbound 99 mahasiswa. S1 Pendidikan Fisika Inbound 89 mahasiswa, S1 Pendidikan Fisika outbound 59 mahasiswa. Masih dalam proses mahasiswa yang akan menempuh pendidikan ke FKIP UNEJ yakni dari Universitas Tadulako ada 23 mahasiswa.  S1 Pendidikan Matematika inbound dari matematika : Fakultas MIPA  47 mahasiswa, Universitas Tidar 3 mahasiswa, Universitas Negeri Semarang 4 mahasiswa Pendidikan Matematika outbound 2 mahasiswa yang menempuh pendidikan ke UNES. Selain itu, ada juga S2 Pasca Sarjana,” terangnya.

Lebih lanjut Prof. Ratno berharap “Dengan adanya program MBKM ini dapat menjalin tali silaturahmi yang erat dengan seluruh universitas utamanya dengan perbedaan yang dimiliki oleh setiap universitas. Dan juga harapannya program ini diberi kelancaran bagi yang menempuh MBKM,” ungkapnya.

Terpisah dari itu pimpinan tertinggi FKIP Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd, menyatakan bahwa  kerjasama yang dijalin oleh FKIP dengan universitas yang tersebar di Indonesia tentunya dapat dikembangkan terkait kolaborasinya nanti.

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang turut andil dalam program ini, dan diberi kelancaran bagi yang mengikuti MBKM,” tutupnya.

 

 

Penulis : Dwi Ilma Damayanti

Editor : Naimatul Uyun