Foto : Prof. Dr. Nur Syam, M.Si. saat memaparkan materi jalannya workshop


Penapijar.com – Pascasarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) mengadakan workshop penelitian kualitatif dan kuantitatif yang dilaksanakan secara daring menggunakan media Zoom yang dihadiri oleh beberapa mahasiswa. Mengingat penelitian merupakan point penting dari Tri Dharma Perguruan Tinggi guna mengkaji suatu cabang ilmu dan teknologi tertentu. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 13.00 – 15.00 WIB, Senin, (15/3/2021).

Workshop ini mengundang seorang Profesor dari UIN Sunan Ampel Surabaya yakni Prof. Dr. Nur Syam, M.Si. Workshop ini dihadiri kurang lebih hampir sekitar 200 partisipan dari berbagai kalangan baik dosen, mahasiswa S1, dan mahasiswa pascasarja.

Prof. Nursyam menyampaikan bahwasannya pada workshop ini memiliki tema ”Metodologi Penelitian Pendidikan (KualitatifKuantitatif dan Mixed Method) pada metodelogi mixed method ini merupakan suatu metologi yang baru dan sudah diterapkan dibeberapa perguruan tinggi.

”Metodelogi penelitian mixed method ini menjadi tren baru bagi dunia pendidikan, dan sudah banyak diterapkan dibeberapa Perguruan Tinggi. Mixed Method penggabungan dari metodelogi penelitian kualitatif dan kuantitaif”. jelasnya.

Lebih lanjut Profesor dari UIN Sunan Ampel Surabaya menjelaskan dalam melakukan penelitian kualitatif terbilang sangat sulit dikondisi Covid saat ini, karena begitu kompleks hambatan yang dihadapi.

“Kondisi covid saat ini membuat kegiatan penelitian kualitatif semakin rumit, karena pada penelitian kualitatif ini harus melakukan kontak langsung dengan orang tidak cocok jika dilakukan melalui media telekomunikasi. Hal ini harus segera diberi solusi”. jelasnya

Pewarta : Dwi Ilma Damayanti

Editor : Achmad Fuji Asro