Foto : Penyerahan dokumen SK oleh Dekan kepada Koorprodi baru PGSD


PENAPIJAR.COM—Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jember melakukan perombakan Koordinator Program Studi dan Kepala Laboratorium. Acara yang dilaksanakan secara tatap muka ditengah wabah Virus Covid-19 dihadiri dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd. Selaku penjabat tertinggi di fakultas tersebut. (Selasa, 16 Maret 2021).

Acara yang berlangsung di Gedung H-Aula Alfarabi tersebut berjalan selama satu jam dari pukul 12:00 WIB sampai 13:00 WIB.Seluruh dosen dan pegawai yang masuk diruangan sudah menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah dengan menggunakan Hand Sanityzer dan bermasker guna menghindari penyebaran virus Covid-19.

Dalam kegiatan tersebut, dilaksanakan tanda tangan oleh Dekan FKIP dan juga penjabat Koordinator Prodi dan Kepala Laboratorium yang sudah terpilih dan berhak menjabat selama empat tahun kedepan sesuai dengan isi dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 1990 tentang Pendidikan Tinggi.

Menurut Dekan yang merupakan Guru Besar Program Studi Pendidikan Sejarah tersebut menyampaikan dalam sambutanacara serah terima ini disampaikan setidaknya menjadi langka awal untuk menjalankan tugas di Prodi, maupun di Laboratorium, apalagi saat ini sudah mulai eranya digital dan Badan Layanan Umum bisa diterapkan di lingkungan Prodi dan Laboratoium.

Prof. Suratno, M.Si selaku Wakil Dekan 1 FKIP yang membidangi akademik, perencanaan, dan kerjasama tersebut menjelaskan bahwasanya Koordinator Prodi ada yang menjabat selama dua priode, ada juga yang memang sudah diganti dengan rekan dosen di program studinya. Selain itu Dosen S2 Pendidikan Biologi tersebut juga menjelaskan bahwasanya Kepala Laboratorium juga ada yang menjabat kembali ataupun digantikan.

Menurut sumber yang didapatkan dari draft Keputusan Rektor Nomor 4236/UN25/KP/2021  Tertanggal berlaku 08 Maret 2021 menyebutkan nama-nama dosen yang diberhentikan dan diangkat menjadi Koordinator Program Studi. Adapun nama-nama tersebut seperti Dr. Nurul Umamah, M.Pd. yang digantikan oleh Drs. Marjono, M.Hum sebagai Koorprodi  Pendidikan Sejarah. Dra.Khutobah, M. Pd. digantikan oleh SennyWeyaraDiendaSaputri, S.Spsi., M.A sebagai Koorprodi PG PAUD, Susi Setiawani, S.Si., M.Sc. yang menjabat kembali menjadi Koorprodi Pendidikan Matematika, Dr. Lis Nur Asyiah, S.P., M.P. Juga menjabat kembali menjadi Koorprodi Pendidikan Biologi, dan Drs. Bambang Supriadi, M. Sc. Juga menjabat kembali menjadi Koorprodi Pendidikan Fisika untuk Priode yang kedua.

Sedangkan dari Prodi Pendidikan Ekonomi ada Wiwin Hartanto, S.Pd., M.Pd yang menggantikan Drs. Sri Wahyuni, M.Si yang merupakan Koorprodi yang lama. Pendidikan Bahasa Inggris ada Eka Wahyuningsih, S.Pd.,M.Pd sebagai Koorprodi baru menggantikan Dra. Zakiyah Tasnim, M.A. Anita Widjajanti, S.S., M.Hum digantikan oleh Dr. RusdiantiWuryaningrum, S,Pd., M.Pd sebagai Koorprodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Deditiani Tri Indianti sebagai Koordinator sebelumnya dari PLS yang digantikan oleh Lutfi Arifieanto, S.Pd., M.Pd. Kemudian ada Fajar Surya Hutama, S.Pd., M.Pd yang menggantikan Agustiningsih, S.Pd., M.Pd untuk Koorprodi PGSD. Selain itu dari Pendidikan IPA Koorprodi saat ini dijabat oleh Dr. Sri Wahyuni, S.Pd.,M.Pd yang menggantikan Dr. Soepeno, S.Pd., M.Pd

Terkait nama-nama Kepala Laboratorium yang baru menjabat di tiap Program Studi. Bisa dilihat melalui keputusan Rektor Nomor 4235 tertanggal 08 Maret 2021 berisikan tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Laboratorium pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember.

Berkaitan dengan pergantian nama dari Kepala Program Studi menjadi Koordinator Program Studi. Guru Besar Pendidikan IPA tersebut menjelaskan kalau nama tersebut hanyalah pergantian nomenklatur dan sudah terjadi sejak lama. Kemudian, dosen yang kesehariannya bersepeda saat berangkat ke kampus tersebut memberikan contoh berkaitan dengan pergantian nama jabatan Pembantu Rektor yang menjadi Wakil Rektor.

Penulis : Achmad Fuji Asro

Editor : Alvin Khoiriyah