Foto : Moderator (Ariza Silvia Nora) dan Pemateri (Britendi) saat Webinar Pelatihan Personal Branding


Penapijar.com – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Jember (UNEJ) telah melaksanakan Webinar PKSS: Pengembangan Soft Skill dan Persiapan Kerja Bagi Mahasiswa Universitas Jember. Acara tersebut dilaksanakan hari selasa (30/3/2021).

Acara yang digelar secara daring via media zoom meeting ini, dihadiri oleh beberapa pemangku jabatan di FKIP, dosen dan mahasiswa. Dengan menghadirkan pembicara utama yang sangat inspiratif yakni R.Britendi Mulia Wibowo, M.Psi, Psikolog sekaligus Asesor dan Trainer kegiatan-kegiatan pelatihan dan dipandu oleh Ariza Silvia Nora.

Pada kesempatan tersebut Prof. Dr. Bambang Supeno, M.Pd selaku Dekan FKIP mengungkapkan bahwasanya kegiatan yang dilaksanakan sangat berguna dan bermanfaat.

“Kegiatan pengembangan soft skill ini menjadi sangat penting karena Perguruan kita termasuk FKIP itu tidak mencetak lulusan yang siap kerja, tetapi lulusan yang siap dilatih bekerja. Oleh karena itu kegiatan ini menjadi penting” terangnya

Lebih lanjut Dekan FKIP UNEJ tersebut berharap setelah lulus dari FKIP Universitas Jember nantinya mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini bisa langsung terjun ke dunia kerja.

Dalam pembahasannya, Dekan yang juga pernah menjadi ketua Pusat Studi Gender di Lingkungan Universitas Jember tersebut juga memaparkan kalau saat ini FKIP sedang gencar mengadakan Seminar dan Workshop guna memberikan pengetahuan lebih kepada Mahasiswa. Terutama untuk Mahasiswa FKIP itu sendiri

“Karena kita juga sering menyelenggarakan Webinar, Worksop dan semacamnya terkait dengan persiapan kerja, terutama terkait soft skill”. jelasnya

“Di pasaran kerja, kompetitor kita memang luar biasa, banyak perguruan tinggi yang sudah menyiapkan lulusanya bersaing untuk dunia kerja.  Agar kita memiliki  Nilai lebih dan keunggulan komperatif dari lulusan lain, maka harapan Saya kegiatan seperti ini untuk sering dilakukan, sehingga ketika lulus kita siap bekerja dan berkompetisi”. tambahnya

Webinar yang mengusung topik sangat menarik ini juga mengupas tuntas semua hal-hal dalam dunia kerja. Menurut Britendi, salah satu alasan kenapa kita harus mempersiapkan diri kita untuk dunia kerja ialah karena bekerja merupakan sesuatu yang berhubungan dengan aktivitas. Terutama aktivitas yang dilakukan lakukan sesuai dengan kemampuan seseorang. Setidaknya orang yang melakukan aktivitas tersebut harus memperkaya informasi dan memperkaya pengalaman dalam dunia kerja. Dalam webinar ini, juga membahas alasan-alasan kenapa lamaran Fresh Graduate sering di tolak. Selain itu, beliau juga mengungkapkan kunci dalam menghadapi dunia kerja ialah “Perbanyaklah nilai diri, perbanyaklah kemampuan yang dimiliki dan menambah informasi” dan beliau menekankan bahwa kunci utama seorang pekerja adalah “Attitude dan jujur”.

Terpisah dari semua itu, Wakil Dekan III FKIP UNEJ Dr.Sukidin, M.Pd juga mengungkapkan harapanya dalam bekerjasama dengan pihak PKSS Malang bahwa “Lulusan FKIP mendapat prioritas ketika ada recruitmen ketenagakerjaan ” ungkapnya.

Meskipun seminar ini dilaksanakan secara virtual tidak sedikitpun mengurangi minat dan semangat peserta dalam mengikuti webinar. Seluruh peserta dalam kegiatan ini juga dapat mengajukan pertanyaan kepada pembicara sehingga interaksi menjadi lebih aktif antara pembicara dengan peserta. Untuk membangkitkan semangat peserta webinar, panitia juga membagikan Kuis dan Give away saldo pulsa bagi peserta yang bisa menjawab pertanyaan yang diajukan pembicara.

Penulis : Nur Afina Binuril Mawaddah

Editor : Achmad Fuji Asro