Foto : Presiden dan Pengurus BEM FKIP


PENAPIJAR.COM – BEM FKIP UNEJ menggelar webinar nasional bertajuk “ Pendidikan dan Perempuan : Implementasi Pemikiran R.A Kartini”. Acara tersebut dilaksanakan hari Minggu (25/42021).

Webinar ini digelar secara semi online dan menghadirkan dua pembicara  yang sangat inspiratif yaitu Prof. Dra. Hj. Nina Nurmila, MA, PhD dan Yamini Soedjai, SH. Bertempat di Aula Salman Alfarizi gedung A lantai 3 Dekanat FKIP UNEJ.

Meskipun diadakan secara virtual tidak mengurangi semangat para perempuan khususnya peserta webinar nasional dalam memperingati bulan kartini. Dengan jumlah peserta 319 yang mengikuti baik melalui zoom maupun live youtube.

Tema yang diusung adalah “Pendidikan dan Perempuan. Implementasi Pemikiran R.A Kartini” dengan maksud bahwa pendidikan sendiri merupakan basicnya FKIP dan Perempuan yang merupakan pengikut jejak Kartini yang diharapkan dapat mengimplementasikan pemikiran-pemikiran R.A Kartini diera saat ini.  Oleh sebab itu acara webinar ini di laksanakan dengan dasar bahwa pendidikan untuk perempuan di zaman dahulu sangat di perjuangkan oleh RA Kartini dimana kesetaraaan perempuan pada waktu itu sangat terbatasi. Kita sebagai generasi di era yang sudah berfasilitas yang bisa dikatakan cukup baik alangkah baiknya dengan sadar dan  harus memperjuangkan keseteraan dalam pencapaiian pendidikan.

Materi Penyadaran perempuan dan pentingnya pendidikan bagi perempuan disampaikan oleh Prof. Dra. Hj. Nina Nurmila, MA, PhD. Selain itu, pemateri kedua dalam acara tersebut yaitu Yamini Soedjati, S.H memaparkan terkait dengan kekerasan seksual pada ranah pendidikan yang bertujuan untuk memberi stimulus kepada perempuan pada dasarnya dan kepada seluruh peserta pada umumnya. Tentunya pemaparan yang disampaikan oleh kedua pemateri sebagai bentuk pertahanan awal bagi perempuan untuk bisa menjaga dirinya baik dilingkungan pribadi maupun public.

“Jadi tidak dibatasi dan dipungkiri untuk kedepannya bahwa kesetaraan antara perempuan dan laki-laki itu sama dan untuk melawan sebuah kekerasan seksual pelakunya harus mendapatkan hukuman dengan pengesahan UU PKS” jelas direktur di YLBH Jentera tersebut

Pada akhir kegiatan, ditemuin diruangan acara, Mohamad Hidayatullah mengiginkan agar acara yang telah digelar pada peringatan hari Kartini ini dapat menjadi titik tolak dan edukasi bagi seluruh mahasiswa, Sebagai keluaran nantinya BEM FKIP Universitas Jember akan mencoba untuk berkerja sama dengan lembaga yang memang fokus masalah perempuan dan gender.

‘Untuk kegiatan selanjutnya mungkin kita ingin berkolaborasi dengan PSG UNEJ karna dari mahasiswa FKIP terutama untukmahasiswi FKIP khususnya, itu banyak yang menjadi anggota magang di sana (PSG). itu nanti semisal ada isu-isu yang memang hangat aktual bisa di ajak untuk berdiskusi”. Terang Dayat selaku Presiden BEM FKIP UNEJ.

“Diharapkan untuk seluruh peserta Dalam kegiatan webinar nasional ini dapat menyadari bahwa antara laki-laki dan perempuan memiliki kesetaraan gender”. tutup Mahasiswa PGSD tersebut

Penulis : Imroatul Azizah

Editor : Achmad Fuji Asro