Foto : Cuplikan kegiatan acara ulang tahun prodi pend, Matematika


PENAPIJAR.COM – Himpunan Mahasiswa Prodi (HMP) Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Jember rayakan ulang tahun ke 18 yang bertajuk “Protect The Future by Loving The Local Culturewith Gemasena 18”. HMP Pendidikan Matematika membawa budaya lokal agar tetap lestari dengan kondisi hari ini yang kian luntur. Gemasena ini dilaksanakan secara virtual dengan media Zoom dan Channel YouTube pada Sabtu, (11/7/2021).

Menurut salah satu mahasiswa dari MSC Shofi Aminatun Nisa mengatakan, gemasena ini bertujuan untuk melindungi budaya lokal agar tetap terjaga meskipun MSC bukan prodi yang berkaitan dengan budaya. Namun, sebagai seorang mahasiswa harus tetap menjaga kelestarian budaya lokal.

“Mengingat budaya lokal hari ini yang kian luntur, maka dengan tema yang diusung oleh HMP ini akan memberikan dampak baik bagi kelestarian budaya lokal”, ungkap mahasiswa semester 4 ini.

Kegiatan ini dikoordinatori oleh Nisvi Sya Rahmadhani mahasiswi pendidikan matematika angkatan 2019. Seluruh mahasiswa Mathematics Students Club (MSC), alumni, dan beberapa elemen perwakilan dari ormawa lainnya juga turut hadir. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan III yakni Dr. Mohammad Na’im, M.Pd, yang sekaligus membuka acara gemasena ke 18 ini.

Meskipun ada sedikit kendala. Namun, kegiatan dapat dislesaikan hingga akhir kegiatan. Bahkan, seluruh penonton baik yang melalui media zoom maupun melihat siaran langsung di youtube sangat antusias terbukti dengan adanya banyaknya komentar.

“Gangguan sinyal sangat berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan ini, mengingat kegiatan ini menggunakan live streaming YouTube untuk menampilkan beberapa penampilan. Namun, masih bisa ditangani oleh panitia sehingga kegiatan terus berjalan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

Nisvi menuturkan, acara ini dilakukan secara full virtual dan untuk teknis pelaksaan dilaksanakan disalah satu kontrakan mahasiswa MSC. Perayaan ini ini menampilkan beberapa penampilan dari mahasiswa MSC sendiri. Sebelum pendemi perayaan ini lebih seru karena ada pemotongan tumpeng, penampilan dari dosen pendidikan matematika, dan juga drama musikal.

“Banyak penampilan diperayaan ulang tahun MSC ke 18 ini yakni akustik, tari tradisional, tari kontemporer, dan musikalisasi puisi”, jelasnya

Pnulis : Dwi Ilma Damayanti

Editor : Achmad Fuji Asro