foto : istimewa

Kuliah Kerja dan Pengenalan Lapangan Persekolah (KKPLP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unej telah usai pada Senin, (20/9). Hal ini ditandai dengan acara ceremonial penarikan KKPLP di ruang Al- Farabi gedung H. Harapannya mahasiswa KKPLP nantinya mampu menjadi guru professional.

Slamet Hariyadi selaku Kepala Lab KKPLP menyampaikan bahwa  penting bagi mahasiswa FKIP yang telah melaksanakan kegiatan pembelajaran langsung di sekolah menjadi guru yang profesional. KKPLP ini tentunya akan menjadi arena belajar mahasiswa untuk melatih dirinya sebagai seorang pendidik maupun sebagai agen sosial nantinya.

“Kompetensi utama yang dimiliki mahasiswa FKIP adalah keterampilan profesional sebagai guru, maka keterampilan dasarnya harus memahami dan mengenal lingkungan sekolah. Tak lain KKPLP ini juga menjadi tokoh penggerak bagi masyarakat dan harus memiliki peran bagi masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut beliau berharap agar mahasiswa KKPLP memiliki pengalaman nyata yang nantinya akan bertarung dengan dunia masyarakat. “Harapannya kedepan mahasiswa mampu menjadi motor penggerak dengan dunia masyarakat nantinya agar bisa bertarung dengan kondisi  sosial nantinya,” imbuhnya.

Salah seorang mahasiswa Muhammad Mukhlisin yang mengikuti KKPLP tahun ini mengatakan banyak pengalaman menarik dari KKPLP yang terlaksana, seperti akses jalan yang sulit dan belajar dengan warga setengah baya yang sangat menyenangkan.

“Pengalaman KKPLP yang sangat membekas bagi ingatan saya yakni sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh warga disana. Karena kebetulan saya mengajar kesetaraan Paket A yang mana para peserta didiknya adalah orang – orang dewasa, sehingga saya sendiri sangat menikmati mengajar di sini,” ungkapnya.

 

Penulis : Dwi Ilma Damayanti

Editor : Achmad Fuji Asro