Foto : Jalannya kegiatan webinar Internasional


PENAPIJAR.COM – Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Universitas Jember telah melaksanakan 6 webinar terbagi dalam 2 kategori, webinar nasional dan webinar internasional. Webinar yang terlaksana diklaim sukses terbukti dari jumlah partisipan yang cukup tinggi. Adanya kegiatan ini mampu memberi pengetahuan dalam skill berbahasa inggris khususnya bagi prodi Bahasa Inggris sendiri.

Menurut Mutiara Bilqis, salah seorang dosen pengajar di PBI mengatakan dengan adanya webinar ini dapat memberikan pengetahuan skill seperti penggunaan teknologi, skill kebahasaan, ketahanan akademis dan teknologi sebagai komponen utama dalam belajar di kelas.

“Workshop yang dilaksanakan ini berupa webinar yang memiliki beberapa fokus dimasing – masing kegiatannya. Webinar nasionalnya berfokus pada pada penggunaan teknologi untuk pengajaran, webinar internasionalnya yakni language skill,” tuturnya.

Bu Bilqis sapaan akrabnya mengungkapkan webinar ini tidak diperuntukkan untuk mahasiswa saja tetapi semuanya baik dari guru, dosen, dan masyarakat umum tentunya. Webinar ini menyuntikkan banyak asupan pengetahuan baru.

“Karena ini webinar internasional, maka partisipannya juga banyak diberbagai penjuru seperti Amerika dan juga Thailand. Webinar ini juga memberi asupan pengetahuan baru bagi diri saya, dan juga bisa saya aplikasikan kedalam kegiatan mengajar nantinya,” lanjutnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait beberapa kesulitan dalam terlaksananya kegiatan ini, misalkan dalam mempersiapkan pemateri dalam narahubungnya. Namun, kesulitan itu dapat diatasi karena dari Pendidikan Bahasa Inggris  sendiri memiliki relasi.

“Dalam beberapa hal memang sedikit terganggu dengan kesulitan yang dialami, tetapi kita memiliki tim yang solid dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi,” pungkasnya.

Penulis : Dwi Ilma Damayanti
Editor : Achmad Fuji Asro