OPINIPIJAR.COM – Pulau Dewata atau bisa disebut dengan Bali sebuah Provinsi yang sangat indah. Begitu tersohor dan terkenal dibelahan dunia. Bahkan Bali ini sering dijadikan sebagai Provinsi yang wajib dikunjungi ketika traveling. Tempat yang nyaman untuk mengistirahatkan pikiran,  berkumpul bersama  keluarga bahkan membuka bisnis. Bisa dibilang bahwa pulau Bali menyimpan ke indahan yang menakjubkan. Tidak hanya dikunjungi para masyarakat Indonesia tetapi pulau Bali ini terkenal di macanegara.

Kembali  kecerita soal pulau Bali. Mungkin kita tidak lagi terkejut jika ada orang asing atau turis yang kita tanya apakah mereka mengenal pulau Bali, saya yakin kalau mereka adalah orang- orang pecinta dunia treveling pastilah mereka mengenal pulau Bali. Tapi tanyakanlah tentang Indonesia, Negara yang memiliki keunikan tersendiri dengan keaneka ragaman budaya dan suku. Apakah mereka mengenal Indonesia, banyak diantaranya yang tidak tahu dan menganggap bahwa Indonesia berbeda dengan Bali. Bahkan popularitas Bali sebagai destinasi wisata sudah sangat tinggi sebelum negara Indonesia berdiri. Sehingga sangat wajar jika Bali lebih dikenal daripada Indonesia. Setelah Indonesia Merdeka, Presiden Ir. Soekarno membangun sebuah istana kepresidenan di Pulau Bali yang dikenal dengan Istana Tampaksiring. Pada masa Orde Baru, pemerintah menjadikan Bali sebagai tonggak pariwisata Indonesia.

Tak hanya pantai dan laut, keindahan alam Pulau Bali merata luas hingga ke pegunungan di tengah pulau. Flora dan fauna di Bali terjaga dengan apik sehingga membuat udara sejuk dan bersih membuat para wisatawan betah berlama-lama di Bali. Kehebatan Bali dalam menarik wisatawan disadari betul oleh penduduk lokal. Mereka bahu-membahu menjaga kelestarian alam Bali, termasuk seni budaya penduduk asli yang sudah turun menurun.

Alasan lain mengapa Bali lebih terkenal dibandingkan Indonesia karena kurangnya kesadaran masyarakat Indonesia akan indahnya negeri kita padahal Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang terdiri dari 17.504 pulau (termasuk 9.634 pulau yang belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni). Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim terbesar di dunia dengan perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% panjang pantai di dunia. Indonesia penuh dengan makanan yang enak Se-Nusantara. Indonesia juga selalu mempunyai cerita tersendiri, mempunyai sumber daya alam yang sangat banyak dan memiliki keindahan alam yang tak di miliki oleh negara lain.

Maka dari itu kita harus memperkenalkan bahwa Indonesia itu sangat indah dan masih banyak tempat-tempat asri yang belum banyak dikunjungi. Dengan adanya program Wonderful Indonesia yang dijalankan dengan visi inovatif dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, diharapkan program ini menjadi langkah awal dan berhasil menciptakan sinergi yang baik antara sektor pariwisata, industri kreatif, kerajinan tangan, dan masyarakat lokal.

*) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Referensi :

Setyawan, Anang. 2021. Alasan Pulau Bali Lebih Terkenal Daripada Indonesia di Mata Dunia, Berikut Fakta Menariknya. https://lingkarkediri.pikiran-rakyat.com/pariwisata/pr-672515297/alasan-pulau-bali-lebih-terkenal-daripada-indonesia-di-mata-dunia-berikut-fakta-menariknya?_gl=1%2A1d7igg%2A_ga%2AaG5adGd6Q3ktVC1tbWEyank3dDg1ZW5yMnI0YUVnQWRRSDlzUmJlM1hTWE1aRnd2YjdhU2w3Z3U4b2VYMWFhaA..&page=3

Annisa, Palupi Auliani. 2021. Bali Bukan Satu-satunya Surga Wisata Indonesia, Jelajahi Juga 5 Surga Destinasi Super Prioritas Ini. https://amp.kompas.com/travel/read/2021/09/25/163832927/bali-bukan-satu-satunya-surga-wisata-indonesia-jelajahi-juga-5-surga#aoh=16457731906945&amp_ct=1645773333306&csi=1&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s

Penulis :  Gita Listya Dhea Savitri

Editor : Miftahur Rofiah