OPINIPIJAR.COM – Menjadi sukses merupakan keinginan setiap orang, sukses bukan hanya sekedar membalik telapak tangan. Ada proses yang mengiringi langkah orang-orang sukses, bahkan jatuh bangun bisa dikatakan makanan sehari-hari oleh orang yang mempunyai keinginan kuat untuk sukses. Beberapa orang yang bisa kita sebut sukses atau bahkan menjadi orang terkaya di dunia pun mengatakan bahwa sukses tidak bisa diperoleh dengan waktu singkat. Salah satu orang terkaya di Indonesia yang bahkan pernah masuk ke dalam majalah Forbes yaitu Chairul Tanjung mengatakan “Saya hari ini masih bekerja lebih dari 14 jam sehari, jaman dulu saya bekerja 18 jam perhari dan tidak ada kata Sabtu Minggu, jadi tidak ada kata sukses seperti membalik telapak tangan, harus kerja keras, teliti, ulet, detail ,perfeksionis, tidak gampang menyerah. Itu adalah satu prasyarat yang wajib hukumnya untuk menjadi orang sukses sejati, dan gagal masalah biasa. Jangan jadi generasi galau”.

Soal gagal merupakan masalah umum yang pasti dialami oleh setiap orang, tinggal cara kita menyikapi kegagalan tersebut apakah ingin bangkit atau hanya terjebak dengan kegagalan tersebut. Sukses bukan hanya sekedar uang, sukses bisa berarti macam-macam seperti kata Bill Gates yang mengatakan bahwa sukses adalah memberi dengan sesama dan merubah kehidupan, bagi Bill Gates akan terasa menyenangkan ketika membuat perubahan seperti menemukan hal baru, membesarkan anak atau membantu orang yang membutuhkan.

Tolak ukur dari kesuksesan dilihat dari perspektif tiap individu bukan dari orang lain. Setiap individu mempunyai goal atau tujuan hidup. Dengan adanya tujuan hidup, orang mulai menciptakan suatu rencana atau peta dalam hidupnya. Tanpa rencana atau peta, orang tidak mungkin berjalan  sesuai dengan apa yang diinginkan. Dalam rencana itu tidak harus mulus, tidak apa jika sedikit berkelok karena dengan kita melewati masa tersebut maka akan muncul suatu hal yang tidak terduga di masa depan.

Kaya bisa instan tapi tidak dengan sukses , hal itulah yang harus kita pegang teguh. Kebanyakan orang sering rancu beranggapan bahwa orang yang kaya identik dengan orang yang sukses. Orang kaya dapat memperoleh kekayaannya dengan instan misal memperoleh warisan dari orang tua, hibah, lotre, merampok, menipu ataupun hasil korupsi. Seperti kasus di Indonesia yang baru saja viral yaitu Doni Salmanan dan Indra Kenz, disini kita bisa melihat bahwa mereka bisa memperoleh uang sebanyak itu dalam waktu yang relatif singkat. Bahkan Doni Salmanan yang hanya lulusan SD bisa memperoleh penghasilan kurang lebih 5 M per bulan, bayangkan saja apakah mungkin hal tersebut terjadi? tentu kita sebagai orang awam bertanya-tanya pekerjaan apa yang dilakukan, bahkan pengusaha saja yang bekerja 16-18 jam perhari belum tentu mendapatkan uang sebanyak itu.

Dari sinilah kita dapat berpikir bahwa menjadi kaya bisa kita dapatkan dalam waktu singkat namun kenikmatannya pun singkat. Berbeda dengan sukses, mereka yang melewati proses untuk menjadi sukses adalah mereka yang bisa memaknai kata sukses itu apa dan sifatnya pun abadi karena perjalanan yang mereka lalui tidak singkat bahkan membutuhkan waktu puluhan tahun baru bisa dikatakan sukses.

*) Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Referensi :

Tanaya, Ina. 2018. Kaya Bisa Instan, Sukses Tidak Bisa Instan. Diakses pada 15 Maret 2022, pukul 08.45

Penulis : Sevia Dwi Wijayanti

Editor : Miftahur Rofiah