Generasi Milenial di Era Teknologi Digital

0 0
Read Time:3 Minute, 18 Second

Teknologi merupakan sesuatu yang penting dan sangat dibutuhkan oleh semua manusia, terutama di masa pandemi seperti saat ini. Hampir  semua aktivitas dilakukan secara online, seperti belajar, bekerja, berbelanja, bertransaksi, dan lain-lain. Tanpa kita sadari saat ini kita semua telah memasuki era baru yaitu era digital, era dimana segala hal dan aktivitas yang dilakukan tidak terlepas dari teknologi digital, mulai dari anak kecil, remaja, orang tua, bahkan banyak lansia yang masih memanfaatkan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut terjadi disebabkan karena perkembangan teknologi yang semakin maju.

Perkembangan teknologi yang semakin maju memiliki dampak positif dan negatif bagi manusia, di antara dampak positifnya adalah mempermudah dalam berkomunikasi, bekerja, dan kebutuhan lainya, bahkan tidak sedikit manusia yang memanfaatkan internet untuk mencari uang. Namun, dibalik dampak positif juga terdapat dampak negatif yang tidak terlepas dari perkembangan teknologi yang terjadi, yaitu kerugian yang terjadi di sebagian manusia akibat penipuan yang terjadi di internet dan sosial media, informasi penting yang disebarluaskan tanpa adanya izin, dan masih banyak  lainnya.

Dampak-dampak negatif tersebut terjadi diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunnya adalah karena adanya penyalahgunaan teknologi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, pihak tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan kerugian bagi  semua orang, khususnya pengguna teknologi digital. Maka dari itu kita sebagai generasi milenial harus bisa menggunakan teknologi dengan baik, agar teknologi dapat berguna sebagaimana mestinya.

Terdapat banyak bentuk penyalahgunaan teknologi digital, khususnya di media sosial yang kini digunakan oleh semua orang. Penyalahgunaan ini biasanya berupa penipuan yang terjadi di berbagai media, seperti Instagram, facebook, twitter, dan lainnya. Penipuan ini biasanya berupa penawaran sebuah barang, atau undian berhadiah yang dalam pengambilan hadiah tersebut harus dibayar menggunakan uang. Selain  itu, juga ada yang berbentuk pencurian dan hacker, hal ini biasanya juga terjadi di sosial media yang memiliki informasi penting atau saldo uang yang banyak, hacker ini biasanya melakukan aksinya dengan memblokir atau membobol akun seseorang dan bertujuan untuk mencuri sesuatu hal di dalamnya.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan sebagai generasi milenial untuk mencegah adanya penyalahgunaan teknologi digital, yaitu dengan selalu menyebarkan berita yang positif, mencegah penyebaran berita hoaks, serta melaporkan apabila terdapat penyalahgunaan teknologi digital.

Teknologi digital memang banyak dimanfaatkan oleh manusia untuk mencari uang atau bekerja, namun dibalik manfaatnya itu terdapat beberapa kerugian yang terjadi  akibat perkembangan teknologi digital. Salah satunya adalah sebagian manusia yang kehilangan pekerjaannya akibat tenaga kerja manusia yang telah digantikan oleh mesin dan robot. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya perusahaan yang menggunakan mesin untuk menggatikan buruh, adannya cctv sebagai pengganti satpam untuk bagian keamanan, juga banyak penjual minuman yang menggunakan mesin tanpa adanya seorang kasir, dan masih banyak lagi.

Dengan adanya perkembangan teknologi menandakan bahwa pengetahuan yang dimiliki oleh manusia juga berkembang. Manusia dapat membuat sesuatu yang awalnya tidak mungkin menjadi mungkin, seperti pesawat terbang yang dulunya banyak yang mengatakan kalau mustahil manusia bisa terbang dan sekarang hal itu menjadi mungkin dengan terciptanya pesawat terbang. Teknologi yang berkembang juga diakibatkan karena rasa penasaran manusia akan suatu hal yang belum pernah ia temui.

Kita sebagai generasi milenial harus selalu bersyukur dengan adannya teknologi disamping kehidupan kita, teknologi tersebut merupakan anugrah yang besar dari tuhan untuk kehidupan manusia. Maka dari itu kita harus memanfaatkan anugrah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Kita sebagai manusia juga tidak bisa terus menerus bergantung dengan teknologi, ada juga beberapa kegiatan yang harus kita lakukan tanpa menggunakan teknologi. Hal tersebut juga dilakukan agar keseimbangan dalam hidup masih tetap terjaga, apabila seseorang hanya mengandalkan teknologi maka hidupnya akan kekurangan gerak dan itu akan berpengaruh pada kesehatan tubuhnya. Selain itu, dengan meminimalisir penggunaan teknologi akan berdampak baik bagi lingkungan serta hubungan sosialisasi antar manusia.

 

*) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Referensi :

Nugroho, A. (2021, Januari 8). Perkembangan Teknologi di Indonesia Beserta Dampaknya. Retrieved from qwords.com: https://qwords.com/blog/perkembangan-teknologi/

Welianto, A. (2021, Januari 8). Pengertian dan Perkembangan Teknologi.

Retrieved from www.kompas.com: https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/08/120000169/pengertian- dan-perkembangan-teknologi

 

Penulis: M. Fuad Efendy

Editor  : Khoirul Nizam Muhammad

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.