0 0
Read Time:2 Minute, 45 Second

    OPINIPIJAR – Bumi merupakan suatu tempat yang di ciptakan oleh Yang Maha Kuasa untuk kita tempati. Di dalam bumi terdapat juga lingkungan hidup untuk menambah keindahan dan dapat pula menghidupi kita sehari-hari. Lingkungan hidup ini memiliki berbagai ragam khas flora dan fauna, kemudian terdapat juga udara, air, dan tanah. Kita pada umumnya tergantung oleh lingkungan hidup yang ada di sekitar kita.

     Lingkungan hidup yang ada di sekitar kita memiliki banyak sekali ragam dan bermanfaat untuk kita semua seperti contohnya udara. Udara yaitu merupakan suatu hal yang penting bagi manusia karena udara merupakan sumber oksigen paling alami bahkan tumbuhan pun juga menghirup, kemudian ada air. Air merupakan komponen terbesar bagi tubuh manusia dengan air kita bisa menjaga keseimbang tubuh bahkan tumbuhan pun juga memerlukaannya agar tumbuhan tersebut bisa tumbuh dengan cepat, kemudian ada tanah. Tanah ini merupakan tempat manusia memijakan kakinya ke bumi tanah sangat di perlukan untuk manusia dan juga tumbuhan.

    Lingkungan hidup juga memiliki flora dan fauna kita sendiri bisa melihat ada banyak sekali flora dan fauna yang hidup di hutan maupun di luar hutan. Indonesia merupakan negara yang kaya akan keberagaman hayati. Tumbuhan yang tumbuh dengan subur, pohon-pohon yang menjulang tinggi dan rindang serta kemudian hewan yang memiliki banyak sekali ciri khasnya, tapi melihat kondisi dari zaman ke zaman flora dan fauna yang ada di Indonesia sudah mulai punah. Lingkungan hidup pun semakin rusak. Hal ini diakibatkan oleh beberapa faktor alam dan faktor manusia.

    Faktor alam seperti turunnya hujan yang sangat lebat membuat sumber mata air keruh kemudian tanah longsor, gempa bumi, pemanasan global suhu yang naik turun dapat menganggu kesehatan manusia. Selanjutnya ada faktor manusia seperti air sungai diambil dari data dan informasi dari sumber yang layak dipercaya menyebutkan, bahwa selama lima tahun belakangan ini, setidaknya 64 dari 470 daerah aliran sungai mengalami kondisi yang kritis. Penyebabnya beragam, di antaranya limbah industri yang terkandung berbagai macam zat kimia. Ada lagi limbah domestik, seperti limbah rumah tangga yang secara sengaja dibuang ke sungai.

      Adanya penggundulan hutan juga membuat dampak negatif terhadap ekosistem. Penggundulan hutan ini dapat memicu kebakaran hutan. Hal ini bisa terjadi karena manusia sering menebang pohon-pohon yang ada di hutan tanpa melakukan penanaman kembali. Jika hal ini dibiarkan terus menerus, akan menyebab kan berkurangnya kawasan hutan di Indonesia yang berakibat pada ketidakstabilan ekosistem.

   Selanjutnya, di Indonesia dijumpai berbagai pembakaran sampah yang terjadi dimana-mana. Hal ini dapat menyebabkan polusi udara yang kotor jika polusi udara tersebut kita hirup maka akan mengakibatkan kerusakan pada lingkungan dan manusia seperti contohnya penyakit paru-paru dan sesak nafas.

     Dengan mengingatnya banyak sekali perubahan-perubahan yang terjadi pada bumi dan lingkungan hidup yang ada di sekitar kita maka dari itu mulai dari sekarang kita harus bersyukur karena Yang Maha Kuasa telah menciptkan bumi ini untuk kita jaga dan lestarikan. Bumi semakin hari semakin menua. Lingkungan hidup di sekitar kita juga banyak sekali yang sudah rusak sehingga banyak manusia-manusia yang tidak bertanggung jawab atas tindakkannya. Maka dari itu kita sebagai manusia yang sehat dan peduli akan lingkungan hidup di sekitar kita mari kita jaga sebaik-baiknya.

*) Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Referensi:

https://berkatnewstv.com/2019/11/29/opini-lingkungan-hidup/

https://dewansda.acehprov.go.id/index.php/news/read/2019/09/02/77/opini-lingkungan-hidup-dan-problematikanya.html

Penulis : Riski Zakiatul Shavrillah

Editor  : Khoirul Nizam Muhammad

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

%d blogger menyukai ini: