Menu

Mode Gelap
 

News · 25 Mar 2023 11:29 WIB ·

Affiliator Kampus Merdeka Sukses Adakan Kelas Bimbingan Pra Pendaftaran PMM 3


 Affiliator Kampus Merdeka Sukses Adakan Kelas Bimbingan Pra Pendaftaran PMM 3 Perbesar

Pena Pijar-News, Kelas Bimbingan Pra Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa Merdeka Batch 1 merupakan sebuah bentuk persiapan dan pembekalan sebelum mengikuti PMM 3 dengan tema “Kupas Tuntas Pendaftaran Pertukaran Mahasiswa”. Acara ini digelar pada Minggu (19/03/2023) pukul 13.00 WIB melalui aplikasi zoom meeting dan dihadiri oleh mahasiswa/i kurang lebih 159 partisipan.

Narasumber dalam acara ini adalah Nifsa Hanifah, seorang Affiliator Kampus Merdeka yang memiliki banyak pengalaman, antara lain Awardee Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2022 (PMM 2), Awardee Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) angkatan 4, dan Awardee KKN Kebangsaan X di luar Pulau. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh Sekar Tri dan Gina Fakhrana alumni PMM 2 dengan sharing pengalaman selama PMM 2.

Dalam acara ini disampaikan materi tentang serba serbi pertukaran mahasiswa antara lain Pengenalan Pertukaran Mahasiswa, Persiapan berkas, Persiapan seleksi, Tips Lolos, Syarat pendaftaran, Biaya cadangan untuk PMM, Hal yang harus dihindari ketika PMM, Modul Nusantara, Sharing session, dan Q n A.

Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan salah satu program MBKM yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan memiliki semboyan “Bertukar Sementara, Bermakna Selamanya”. Program ini memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu Semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di Perguruan Tinggi (PT) terbaik di seluruh Indonesia. Benefit mengikuti Pertukaran Mahasiswa Merdeka yaitu pertama, mengeksplore dan mempelajari keberagaman budaya Nusantara; kedua, berteman dengan mahasiswa dari berbagai daerah; ketiga, kesempatan belajar di kampus lain Indonesia; keempat, uang jajan dan dana tambahan; kelima, E-sertifikat; keenam, potongan UKT; ketujuh, Konversi 20 SKS; kedelapan, uang BPJS.

Dalam pemaparannya Nisfa Hanifah menghimbau untuk tidak langsung percaya kepada berita yang keluar seliweran di internet harus menunggu informasi resmi dari PMM. Ia mewanti-mewanti untuk tidak percaya informasi 100% kecuali sudah jelas sumbernya. Serta ia menyarankan untuk rajin update informasi terbaru di akun resmi Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Selain itu Gina Fakhrana mengspoiler kegiatan dalam Modul Nusantara diantaranya terdapat Kebhinekaan, kontribusi sosial, inspirasi dan refleksi. Kegiatan Modul Nusantara bertujuan untuk mengeksplore kebudayaan di daerah PT penerima.

Acara ini memunculkan atmosfer kalut yang positif. Peserta sangat semangat dan antusias mendengarakan materi setiap sesi acara dan memberi kesan positif pada link absensi Kelas Bimbingan. Nisfa Hanifah mengungkapkan perasaan bahagia di group WhatsApp karena respon positif dari peserta.

“Teman-teman saya meminta izin untuk menjadikan testimoni konten serta berterimakasih sudah memberikan evaluasi yang akan dijadikan acuan kedepannya supaya lebih baik dalam hal sharing ilmu. Saya merasa beruntung banget bisa ketemu temen temen, kesan dan evaluasi sangat berharga bagi saya, semoga ikhtiar temen temen daftar kelas ini membuka jalan temen temen buat lolos PMM 3.” ungkapnya.

Menurut Peserta Kelas Bimbingan Pra Pendaftaran PMM 3, Latiyas Mahasiswi dari Intitut Pertanian Bogor “Informasi yang disampaikan seru, nambah pengetahuan tentang PMM, dan bikin motivasiku ikut PMM makin besar”. Selain itu Abu Dzar mahasiswa Universitas Lampung mengungkapkan bahwa “Kegiatan ini sangat berharga untuk saya yang kekurangan informasi”.

Penulis: Anisa Rahmawati

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 221 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Utilizing Technology for Learning Materials: Ini Paparan Country Manager Twinkl Indonesia dan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej kepada Guru SKODA

25 Mei 2024 - 17:08 WIB

Kolaborasi dengan Kelompok Tani, Mahasiswa PPG Prajabatan Unej Lakukan Pembuatan Produk POCU

15 Mei 2024 - 12:20 WIB

At This Day, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej bersama Kepala Sekolah dan Para Guru Helat Program Peningkatan Kompetensi Guru

5 Mei 2024 - 08:10 WIB

It’s Time Collaboration, Program Pengabdian Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan SD Negeri Koncer 2 Bondowoso dalam Peningkatan Kompetensi Guru

3 Mei 2024 - 08:05 WIB

Ngobrol Asik Jurnalistik: Meriahkan JOGED 2024 dengan Edukasi Jurnalistik

4 Maret 2024 - 15:06 WIB

Aliansi Mahasiswa Unej Lakukan Tuntutan Kritis Pemilu 2024

6 Februari 2024 - 11:47 WIB

Trending di News