Menu

Mode Gelap
 

News · 6 Feb 2024 11:47 WIB ·

Aliansi Mahasiswa Unej Lakukan Tuntutan Kritis Pemilu 2024


 Aliansi Mahasiswa Unej Lakukan Tuntutan Kritis Pemilu 2024 Perbesar

Mahasiswa Universitas Jember (Unej) yang tergabung dalam aliansi mahasiswa peduli demokrasi menggelar aksi di halaman kampus dengan mimbar bebas, dipimpin oleh aktivis Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Unej, Maulana Alif Rasyidi. Dalam aksi ini, mereka menyuarakan lima poin tuntutan yang dianggap krusial untuk memastikan Pemilu 2024 berlangsung dengan jujur dan adil.

 

Maulana Alif Rasyidi, sebagai perwakilan dari aliansi mahasiswa, menyatakan apresiasi terhadap aksi ini dan menegaskan bahwa gerakan ini bersifat idealis dan tanpa tendensi politis. Dalam mimbar bebas tersebut, mahasiswa menyampaikan tuntutan-tuntutan yang sebelumnya telah disampaikan oleh civitas akademika Unej.

Tuntutan pertama adalah agar seluruh cabang kekuasaan negara memedomani TAP MPR Nomor VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa dan menjalankan nilai-nilai Pancasila. Tuntutan kedua diberikan kepada KPU, Bawaslu, dan pemerintah untuk memastikan netralitas penyelenggara negara. Tuntutan ketiga adalah penghentian politisasi kebijakan negara oleh Presiden yang berpotensi merusak proses demokrasi. Keempat, tuntutan untuk tegaknya hukum dan etika penyelenggaraan Pemilihan Umum serta menjunjung tinggi prinsip transparansi. Tuntutan kelima adalah ajakan kepada civitas akademika perguruan tinggi untuk terlibat bersama rakyat dalam mengawal Pemilihan Umum.

 

Maulana Alif Rasyidi menyoroti indikasi keberpihakan yang dimulai ketika Presiden salah menafsirkan Undang-Undang No. 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum. Ia menekankan bahwa tafsir sepihak terhadap UU tersebut dapat membuka peluang kecurangan yang besar dan perlu mendapatkan respons bersama dari masyarakat.

 

Dengan aksi ini, aliansi mahasiswa peduli demokrasi berharap suara mereka dapat didengar oleh pihak terkait, termasuk Presiden Jokowi, KPU, Bawaslu, DKPP, dan seluruh rakyat yang mendambakan Pemilu yang aman, damai, jujur, dan adil tanpa intimidasi. Aksi ini menjadi bentuk kepedulian dan partisipasi mahasiswa dalam menjaga demokrasi di tengah-tengah dinamika politik nasional.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 32 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Utilizing Technology for Learning Materials: Ini Paparan Country Manager Twinkl Indonesia dan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej kepada Guru SKODA

25 Mei 2024 - 17:08 WIB

Kolaborasi dengan Kelompok Tani, Mahasiswa PPG Prajabatan Unej Lakukan Pembuatan Produk POCU

15 Mei 2024 - 12:20 WIB

At This Day, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej bersama Kepala Sekolah dan Para Guru Helat Program Peningkatan Kompetensi Guru

5 Mei 2024 - 08:10 WIB

It’s Time Collaboration, Program Pengabdian Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan SD Negeri Koncer 2 Bondowoso dalam Peningkatan Kompetensi Guru

3 Mei 2024 - 08:05 WIB

Ngobrol Asik Jurnalistik: Meriahkan JOGED 2024 dengan Edukasi Jurnalistik

4 Maret 2024 - 15:06 WIB

Kementrian Agama Mewajibkan Pedagang Kaki Lima hingga UMKM Bersertifikat Halal

2 Februari 2024 - 20:53 WIB

Trending di News