Menu

Mode Gelap
 

News · 5 Mei 2024 08:10 WIB ·

At This Day, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej bersama Kepala Sekolah dan Para Guru Helat Program Peningkatan Kompetensi Guru


 At This Day, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej bersama Kepala Sekolah dan Para Guru Helat Program Peningkatan Kompetensi Guru Perbesar

Pena Pijar, News – Kegiatan peningkatan kompetensi guru sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis profil pelajar Pancasila pada kurikulum merdeka berlanjut dengan kehadiran langsung dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jember bersama para guru SD Negeri Koncer 2 Bondowoso.

Acara yang dimulai pada Sabtu, 4 Mei 2024 di SD Negeri Koncer 2 Tenggarang, Bondowoso tersebut berlangsung interaktif dan didukung banyak media sehingga menjadi acara kolaborasi yang baik dalam upaya peningkatan kompetensi guru dalam pembelajaran bahasa Inggris berbasis profil pelajar Pancasila.

Kepala sekolah bersama para guru serentak hadir dengan spirit terus belajar menghadapi kemajuan zaman dan mendalami kurikulum merdeka.

Para dosen dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jember pun turut hadir membersamai para guru dalam proses belajar.

Tiga mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Inggris Unej, Muhammad Rafi Sofyan Putra, Shandra Safira Karenina, dan Dinda Ratufatin Ghaniyah turut dilibatkan. Menurut para dosen, yakni Drs. Bambang Suharjito, M.Ed. Dra. Made Adi Andayani T., M.Ed. dan Ika Fitriani, S.Pd., M.Pd. para mahasiswa juga harus mengenal mengenai profil pelajar Pancasila dalam pembelajaran Bahasa Inggris pada kurikulum merdeka.

Acara dipandu oleh Muhammad Rafi Sofyan Putra yang dimulai dengan sambutan oleh kepala sekolah, penyampaian materi oleh dosen, dan diakhiri dengan sesi coaching.

Sesi penyampaian materi dipandu oleh Shandra sebagai moderator. Materi pertama disampaikan oleh Drs. Bambang Suharjito, M.Ed. mengenai pentingnya mengajar mata pelajaran Bahasa Inggris dengan baik di antara potensi siswa yang beragam sehingga membentuk profil pelajar Pancasila dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya. Beliau juga menambahkan pentingnya menjadi guru yang baik dalam membentuk karakter siswa melebur dengan nilai pelajar Pancasila dalam kurikulum merdeka.

Setelah pelaksanaan isama, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi kedua oleh Dra. Made Adi Andayani T., M.Ed yang membahas tentang English for Young Learner. Materi ini berkesinambungan dengan peran guru dalam mengajar Bahasa Inggris untuk siswa sekolah dasar. Penyampaian materi berlangsung dengan luar biasa karena banyak pertanyaan yang pernah terjadi di sekolah.

Penyampaian materi yang terakhir disampaikan oleh Ika Fitriani, S.Pd., M.Pd. terkait penggunaan teknologi dalam pembelajaran Bahasa Inggris sebagai elemen penting transformasi pendidikan yang berbasis tekhnologi. Berlangsung interaktif, dengan kesadaran para guru bahwa pembelajaran terkini membutuhkan peranan teknologi sebagai media ajar.

Kegiatan ini menuai banyak respons positif, utamanya pengawas bagian pendidikan setempat. Mereka berharap kegiatan luar biasa semacam ini terus berlanjut.

 

Muhammad Rafi Sofyan Putra

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 27 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Utilizing Technology for Learning Materials: Ini Paparan Country Manager Twinkl Indonesia dan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej kepada Guru SKODA

25 Mei 2024 - 17:08 WIB

Kolaborasi dengan Kelompok Tani, Mahasiswa PPG Prajabatan Unej Lakukan Pembuatan Produk POCU

15 Mei 2024 - 12:20 WIB

It’s Time Collaboration, Program Pengabdian Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan SD Negeri Koncer 2 Bondowoso dalam Peningkatan Kompetensi Guru

3 Mei 2024 - 08:05 WIB

Ngobrol Asik Jurnalistik: Meriahkan JOGED 2024 dengan Edukasi Jurnalistik

4 Maret 2024 - 15:06 WIB

Aliansi Mahasiswa Unej Lakukan Tuntutan Kritis Pemilu 2024

6 Februari 2024 - 11:47 WIB

Kementrian Agama Mewajibkan Pedagang Kaki Lima hingga UMKM Bersertifikat Halal

2 Februari 2024 - 20:53 WIB

Trending di News