Menu

Mode Gelap
 

Opini · 25 Apr 2022 00:11 WIB ·

Beauty Standards


 Standar Kecantikan Setiap Perempuan. (Sumber Foto; pinterest) Perbesar

Standar Kecantikan Setiap Perempuan. (Sumber Foto; pinterest)

Pena Pijar, Opini – Ketika kita berbicara tentang perempuan, salah satu hal yang terlintas dalam pikiran adalah Kecantikan. Seorang perempuan identik dengan kecantikan. Saat berbicara tentang kecantikan di Indonesia, banyak orang yang berfikir bahwa cantik itu memiliki proporsi tubuh 90-60-90, dengan kulit putih bersih, hidung mancung, bibir merah alami, rambut panjang, kaki panjang, wajah tirus dan masih banyak lagi kriteria khusus yang menggambarkan bagaimana perempuan di Indonesia dianggap cantik.

Istilah Beauty Standards sudah aja sejak dahulu dan terus berubah seiring waktu. Karena kemajuan jaman dan teknologi, standard kecantikan menjadi lebih variatif. Namun standar berkulit putih tetap menjadi Standar Kecantikan paling populer. Seperti sekarang banyak perempuan yang menghalalkan segala cara untuk menjadi “Putih” mulai dari memakai skincare aman hingga skincare yang mengandung bahan berbahaya dengan tujuan menjadi putih dengan cepat.

Banyaknya tekanan dari orang sekitar terutama keluarga, teman, bahkan sesama perempuan membuat banyak orang tertekan. Tak jarang perempuan yang menyalahkan dirinya sendiri karena penampilannya yang jauh dari standar kecantikan. Mereka mengesampingkan fakta bahwa mereka sudah berusaha keras untuk menjadi “Cantik” sesuai kriteria.

Tidakkah kita sadar bahwa kita memiliki apa yang kita miliki? Kita berusaha untuk menjadi lebih baik, menjadi lebih cantik agar dihargai, tetapi seharusnya tidak seperti itu. Kita tidak harus mengubah segalanya tentang diri kita hanya untuk membuat orang lain terkesan dan menghormati kita. Bukankah setiap manusia harus saling menghormati? Bukankah ada banyak hal lain selain penampilan? Secara umum, masyarakat terobsesi dengan kecantikan.

Memiliki kulit bertekstur, jerawat, hidung pesek, berat badan lebih, stretchmark, dan lainnya bukan berarti kamu yang terburuk dan tidak pantas untuk dicintai. Bagaimana kita menilai diri kita tidak cantik apabila tidak melihat sisi terbaik kita. Cobalah temukan cara yang nyaman menurut diri sendiri. Temukan Personal Style kalian dan lakukan apapun yang membuatmu bahagia. They don’t deserve you if they don’t love you how the way you are. Jangan biarkan orang lain mengubah diri kita sendiri, semua perempuan luar biasa, semua perempuan cantik, dari dalam maupun dari luar.

IMA MATURRAMAH

Pendidikan Bahasa Inggris

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 8 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kontemplasi Perubahan Pola Masuk Perguruan Tinggi

22 September 2022 - 21:16 WIB

Pentingnya Membangun Konsep Pendidikan yang Memanusiakan Manusia

22 September 2022 - 18:47 WIB

Peran Pendidikan dalam Kemajuan Sebuah Bangsa

20 September 2022 - 14:12 WIB

Refleksi Kemerdekaan: Tanggung Jawab Santri Meneruskan Perjuangan Cita-cita Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 13:30 WIB

Hiruk Pikuk Pemilu 2024

23 Juni 2022 - 08:27 WIB

Bagaimana Menjadi Mahasiswa yang Ideal?

23 Juni 2022 - 07:45 WIB

Trending di Opini