Menu

Mode Gelap
 

Opini · 23 Apr 2024 18:59 WIB ·

Benarkah Universitas Impian Menjadi Tolok Ukur Kesuksesan Mahasiswa?


 Benarkah Universitas Impian Menjadi Tolok Ukur Kesuksesan Mahasiswa? Perbesar

Pena Pijar, Opini – Sebagian besar calon mahasiswa pasti memiliki kampus impian. Banyak dari mereka yang sudah mempersiapkan diri dari awal sekolah agar bisa masuk ke kampus impian dengan harapan masa depan mereka akan menjadi lebih baik.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa lulusan dari universitas impian cenderung memiliki kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan dan memiliki gaji yang lebih tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika orang tua ingin anaknya masuk ke sekolah papan atas untuk memastikan masa depan karier anak mereka. Penelitian juga mengatakan tentang bagaimana kecerdasan emosi, kepemimpinan, dan keterampilan lainnya yang diajarkan di sekolah papan atas dapat membantu lulusan untuk sukses dalam karier mereka di masa depan. Oleh karena itu, bagi banyak orang tua, memasukkan anak ke universitas impian ialah sebuah investasi jangka panjang.

Beberapa orang mengatakan bahwa lulusan mahasiswa dari universitas ternama biasanya memiliki kinerja yang lebih baik dan performa yang berkualitas. Hal tersebut terjadi karena adanya sifat kompetisi yang tinggi antarmahasiswa pada universitas tersebut. Kualitas pendidikan sangat mendukung adanya pandangan bahwa universitas ternama pasti melahirkan mahasiswa yang ternama juga. Hal ini juga didukung dengan adanya kualitas pendidikan meliputi pengajaran yang baik, kurikulum yang memadai, dan akses fasilitas yang lengkap.

Kualitas mahasiswa tidak hanya berpengaruh pada kualitas pendidikan di kampus, tetapi juga pada kemungkinan bagi mahasiswa untuk mencapai impian mereka dan mengembangkan kualitas diri mereka. Tidak semua kampus ternama memiliki mahasiswa yang berkualitas, tetapu mahasiswa yang berkualitas adalah mereka yang membangun kampus mereka menjadi ternama. Karena pada dasarnya setiap mahasiswa memiliki hak yang sama untuk meningkatkan kualitas dirinya masing-masing.

Kualitas mahasiswa juga dapat mencerminkan reputasi dan prestise kampus di mata masyarakat luas. Dengan demikian, penting bagi kampus untuk memperhatikan seleksi mahasiswa secara cermat guna meningkatkan kualitas pendidikan yang disediakan. Selain itu, kualitas mahasiswa juga dapat memengaruhi daya saing kampus dalam dunia pendidikan tinggi. Oleh karena itu, seleksi mahasiswa yang ketat dan tepat merupakan langkah penting bagi kampus untuk meningkatkan reputasi dan prestise mereka.

Penulis: Sukhowati Vanila

Penyunting: Riyanti

 

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 10 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pandai Membaca Manfaat dan Tantangan Teknologi

23 April 2024 - 18:10 WIB

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu

13 Februari 2024 - 05:55 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Rencana Kominfo Memblokir Developer Game Online Perlu Direvisi

7 Februari 2024 - 00:31 WIB

Trending di Opini