Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 17 Mar 2023 18:58 WIB ·

Budaya Literasi Untuk Cerdaskan Anak Negeri


 Budaya Literasi Untuk Cerdaskan Anak Negeri Perbesar

Pena Pijar, Artikel – Pernahkah kamu mendengar kata “literasi”? kata ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengartikan kata literasi sebagai kemampuan menulis dan membaca. Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan untuk mengolah suatu informasi yang diperoleh melalui membaca dan menulis. Budaya literasi perlu dikembangkan pada setiap insan manusia untuk menunjang kebutuhan hidup di masa kini dan masa mendatang. Budaya literasi sendiri merupakan suatu kegiatan untuk menanamkan kebiasaan dalam segala aktivitas yang berkaitan dengan menulis dan membaca. Lalu, mengapa budaya literasi diperlukan terutama untuk generasi muda? Dan apa langkah yang dapat diambil untuk meningkatkan minat literasi anak bangsa?

Menjawab pertanyaan diatas, tentu literasi sangat penting untuk generasi muda. Hal itu karena melalui literasi, kita dapat memperluas cakrawala dan pengetahuan. Budaya literasi membantu generasi millennial untuk dapat berpikir secara kritis akan segala hal yang ada di sekelilingnya. Namun, masyarakat Indonesia terutama generasi muda banyak yang mengalami krisis membaca. Bahkan, Indonesia berada di urutan bawah dalam hal literasi. Mengapa demikian? Banyak faktor yang menjadi penyebab mengapa masalah tersebut dapat terjadi. Salah satunya adalah kurangnya minat membaca dalam diri generasi muda. Tak hanya itu, bahan bacaan yang kurang menarik serta praktik literasi yang tidak dilakukan dengan baik dan benar.

Untuk mengatasi masalah rendahnya budaya literasi, ada beberapa langkah yang dapat dilakukan, contohnya dengan menanamkan budaya gemar membaca sejak dini. Selain itu, menyediakan bahan bacaan yang berkualitas juga dapat meningkatkan minat generasi muda dalam hal literasi. Menciptakan lingkungan literasi yang nyaman serta melaksanakan program-program literasi sebagai pengabdian masyarakat melalui kegiatan rutin membaca di sekolah-sekolah untuk meningkatkan budaya literasi.

Pada kesimpulannya, literasi amat berguna untuk menghadapi setiap tantangan di masa kini dan masa yang akan datang. Perbanyak literasi serta tanamkan budaya membaca untuk membentuk generasi milenial yang cerdas dan gemilang.

 

Daftar pustaka:

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/literasi

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Pendidikan Karakter Melalui Living Value Education (LVE): Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

9 Februari 2024 - 20:19 WIB

Peran Teknologi Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Intelektual Pendidikan

8 Februari 2024 - 02:30 WIB

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Membatasi Jenis Penyakit untuk Ditanggung

7 Februari 2024 - 11:02 WIB

KIP Kuliah 2024 Segera Dibuka! Simak Jadwal, Syarat, Manfaat dan Benefit, serta Pendaftarannya

4 Februari 2024 - 12:51 WIB

Peranan Perempuan dalam Merenggut Kemerdekaan

16 Agustus 2023 - 22:47 WIB

Trending di Artikel