Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 2 Mei 2023 23:02 WIB ·

Hari Pendidikan Nasional: Mengikuti Rekam Jejak Sosok Ki Hadjar Dewantara Dalam Membangun Pendidikan Di Indonesia


 Hari Pendidikan Nasional: Mengikuti Rekam Jejak Sosok Ki Hadjar Dewantara Dalam Membangun Pendidikan Di Indonesia Perbesar

Pena Pijar, Artikel – Tanggal 2 Mei, merupakan peringatan Hari Pendidikan Nasional. Ditetapkannya Hari Pendidikan Nasional, tidak luput dari sosok pelopor pendidikan di Indonesia yakni Ki Hadjar Dewantara. Yang bertepatan dengan hari kelahirannya.

Ki Hadjar Dewantara adalah salah satu sosok yang terus mengumandangkan pendidikan bagi masyarakat pribumi. Mendirikan sebuah sekolah Taman Siswa di Yogyakarta, agar masyarakat pribumi mendapatkan kesempatan untuk mengenyam pendidikan.

Semboyannya yang begitu tidak asing dalam dunia Pendidikan, yang memiliki makna yang sangat mendalam. “Ing Ngarso Sung Tulodo”, menjadi seorang pemimpin harus mampu memberikan suri tauladan. Dalam dunia Pendidikan, dapat dimaknai bahwa seorang pendidik merupakan pemimpin yang menajdi suari tauladan, menjadi contoh bagi anak didiknya, bagaimana guru memahami perannya sebagai orang yang digugu dan ditiru.

“Ing Madya Mangun Karsa”, seorang pendidik harus mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi anak didiknya. Agar peserta didik semangat dalam belajar untuk memperdalam pengetahuannya.

“Tut Wuri Handayani”, memiliki makna bahwasannya pendidik harus terus menerus menuntun serta memberikan dorongan dan arahan terhadap anak didiknya. Memberikan kepercayaan terhadap anak didiknya, untuk mengembangkan kemampuan minat dan bakat dari anak didiknya.

Hal ini, tentunya menjadi kesadaran tersendiri bagi seorang pendidik agar siap memberikan dorongan yang kuat bagi anak didiknya dalam membangun bangsa. Memberikan kesempatan yang besar serta kebebasan pada para anak didiknya untuk mendalami pengetahuannya dengan cara yang berbeda-beda.

Mengikuti jejak langkah sang bapak pendidikan, yang berjuang untuk pendidikan para pribumi pada masanya. Memberikan kesempatan dan kebebasan jalan yang ingin dilalui guna memperdalam pengetahuannya..

Semoga dengan peringatan Hari Pendidikan Nasional, menumbuhkan kesadaran para pemuda untuk terus menggali kemampuannya dengan pendidikan serta terus mengobarkan semangatnya yang haus akan pengetahuan dan memberikan kesadaran tersendiri bagi para pendidik tentang tugasnya sebagai orang yang mendorong para anak didiknya. Memberikan sumbangsih pada negeri, dengan mencetak pemuda-pemudi yang berprestasi.

 

Langkahku, gerakku, yang kuabdikan untuk Pendidikan.

 

Hari ini, aku berdiri tegak

Dalam gemerlapnya cahaya pendidikan

Menunduk, menghayati, dan mendalami

Setiap ilmu yang mengalir pada relung hati

 

Hari ini, aku menyadari

Tiada ideologi, tanpa edukasi

Tiada pengetahuan, tanpa pendidikan

Dan tiada pengalaman, tanpa sebuah pembelajaran

 

Pendidikan tidak diatas segalanya

Tapi, tanpa pendidikan kau takkan bisa berjalan

Menapaki setiap sudut dunia yang penuh dengan batuan tajam

 

Bangkitlah wahai pemuda bangsa

Bangkitlah wahai pendidik bangsa

Gaungkan semangatmu

Gelorakan kobaran tekadmu

 

Bentangkan sayap-sayapmu nan indah

Hilangkan kebodohan dengan Pengetahuan

Bangunlah negeri, bangunlah peradaban

Majukan Indonesia, dengan Pendidikan.

 

Penulis: Jalis Syarifah

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 157 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini

29 Maret 2024 - 12:45 WIB

Untuk Apa Perempuan Sekolah Tinggi-Tinggi?

24 Maret 2024 - 11:08 WIB

Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi

21 Maret 2024 - 21:23 WIB

Pernikahan Dini menurut Kaca Mata Feminisme

15 Maret 2024 - 14:24 WIB

Stop Merokok Saat Berkendara

15 Maret 2024 - 14:19 WIB

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Trending di Artikel