Menu

Mode Gelap
 

Opini · 15 Mar 2022 12:40 WIB ·

Hedonisme Gaya Hidup Remaja Masa Kini


 Hedonisme Gaya Hidup Remaja Masa Kini Perbesar

OPINIPIJAR.COM – Hedonisme adalah bentuk gaya hidup untuk mencari kesenagan secara terus menerus dengan meghindari hal-hal yang tidak ia inginkan. Hedonisme menjadi kebiasaan sebagian besar orang dimasakini, terutama dikalagan para remaja, apalagi perkembangan budaya ini sangat erat berdampingan dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat membuat budaya ini mudah melekat pada diri seseorang. Para remaja yang tergolong masih memiliki sifat labil mudah sekali terpengaruh terhadap perubahan yang ada disekitarnya. Hedonisme yang mudah berkembang akibat kebiasan-kebiasaan orang yang kita lihat secara langsung dilingkungan maupun melalui media-media di internet.

Budaya seperti ini banyak ditujukan dengan perilaku konsumtif yang biasanya diperlihatkan melalui media sosialnya, hal ini juga  dilakukan untuk mengedepankan penilaian yang baik dimata orang lain. Mereka cenderung ingin menggunakan uang yang dimilikinya untuk membeli barang dan menggunakan tidak sesuai kebutuhanya. namun untuk memenuhi apa keinginananya, banyak yang tidak menyadari bahwa pada kenyataannya mereka terjebak dalam gaya hidup hedonisme.

Banyak remaja yang tidak sadar bahwa hidup dengan gaya hedon dapat memberikan dampak buruk terhadap kehidupan yang akan datang, dimana mereka merupakan generasi penerus bangsa yang harus mampu membawa bangsa indonesia dimasa depan. mereka terus menggunakan uang yang dimiliki tanpa ada perencanaan yang tepat sesuai porsi kebutuhannya dan tanpa memikirkan kebutuhan-kebutuhan di kemudian hari. Berbanding terbalik dengan kehidupan orang sederhana yang cenderung mampu mengendalikan perilaku konsumtifnya, mereka lebih berfikir panjang tehadap apa yang dipilih entah itu dibutuhkan atau tidak terlalu dibutuhkan.

Gaya hidup hedonisme mampu memberikan pandangan yang buruk, karena dengan alasan kesenangan mereka mampu berhutang untuk meenuhi keinginannya sebab mereka hidup  enak, mewah dan berkecukupan tanpa memiliki kerja keras. seperti berbelanja terus menerus, jalan-jalan, membeli makanan. Sudah sepatutnya sebagai generasi remaja yang baik kita mampu mengendalikan sikap tersebut dan menerapkan gaya hidup yang tidak berlebihan serta menghargai apa yang kita mampu miliki.

*)Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Penulis : Yunike Puspita Rini

Editor : Miftahur Rofiah

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kontemplasi Perubahan Pola Masuk Perguruan Tinggi

22 September 2022 - 21:16 WIB

Pentingnya Membangun Konsep Pendidikan yang Memanusiakan Manusia

22 September 2022 - 18:47 WIB

Peran Pendidikan dalam Kemajuan Sebuah Bangsa

20 September 2022 - 14:12 WIB

Refleksi Kemerdekaan: Tanggung Jawab Santri Meneruskan Perjuangan Cita-cita Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 13:30 WIB

Hiruk Pikuk Pemilu 2024

23 Juni 2022 - 08:27 WIB

Bagaimana Menjadi Mahasiswa yang Ideal?

23 Juni 2022 - 07:45 WIB

Trending di Opini