Menu

Mode Gelap
 

News · 3 Mei 2024 08:05 WIB ·

It’s Time Collaboration, Program Pengabdian Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan SD Negeri Koncer 2 Bondowoso dalam Peningkatan Kompetensi Guru


 It’s Time Collaboration, Program Pengabdian Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan SD Negeri Koncer 2 Bondowoso dalam Peningkatan Kompetensi Guru Perbesar

Kolaborasi yang dilakukan antara Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Jember dengan jajaran guru serta kepala SD Negeri Koncer 2 Bondowoso berbuah apik. (2/5/24)

Program pengabdian oleh dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej untuk meningkatkan kompetensi guru sekolah dasar dalam pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka memunculkan atensi dan respons positif dari SD Negeri Koncer 2 Bondowoso.

Hebatnya di sela kolaborasi yang dilakukan, mahasiswa sebagai elemen muda terdidik turut diikutsertakan. Melalui bimbingan dan arahan yang diberikan oleh dosen, membuat mahasiswa semakin yakin untuk berbuat yang terbaik dalam mendukung kesuksesan pengabdian ini.

Kegiatan berlangsung selama 3 pertemuan yang dimulai dari pengenalan subjek bahasan, pendampingan langsung (onsite), dan pendampingan oleh mahasiswa.

Pada Kamis, 2 Mei 2024, kegiatan tersebut dilaksanakan menggunakan teleconference zoom antara dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan para guru SD Negeri Koncer 2 Tenggarang. Kegiatan berlangsung secara interaktif dengan pokok bahasan yang berbeda dalam paparan setiap dosen.

Kegiatan yang dihelat melalui teleconference zoom berlangsung sistematis. Dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia raya, doa, pemaparan materi, dan ditutup dengan doa.

Pemaparan materi terbagi atas 3 bahasan dengan tiga dosen yang berbeda dalam pemaparannya. Materi pertama disampaikan oleh Drs. Bambang Suharjito, M.Ed. kemudian dilanjutkan oleh Dra. Made Adi Andayani T., M.Ed. dan yang terakhir oleh Ika Fitriani, S.Pd., M.Pd.

Acara juga melibatkan peran mahasiswa dengan menjadi pewara sekaligus moderator. Muhammad Rafi Sofyan Putra, Shandra Shafira Karenina, dan Dinda Ratufatin Ghaniyyah merupakan mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris yang berperan aktif dalam menyukseskan kegiatan pengabdian dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej dan SD Negeri Koncer 2 Bondowoso ini.

Dalam pernyataannya, ketiga mahasiswa berterima kasih kepada para dosen sekaligus SD Negeri Koncer 2 Tenggarang, karena telah memberikan kesempatan menjadi bagian dari program mulia ini.

Kegiatan yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut memunculkan respons positif dari berbagai pihak. Sekolah merasa terhormat dan berterima kasih atas keterlibatan para dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej untuk meningkatkan kompetensi guru.

Penulis: Muhammad Rafi Sofyan Putra

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 33 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Utilizing Technology for Learning Materials: Ini Paparan Country Manager Twinkl Indonesia dan Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej kepada Guru SKODA

25 Mei 2024 - 17:08 WIB

Kolaborasi dengan Kelompok Tani, Mahasiswa PPG Prajabatan Unej Lakukan Pembuatan Produk POCU

15 Mei 2024 - 12:20 WIB

At This Day, Dosen Pendidikan Bahasa Inggris Unej bersama Kepala Sekolah dan Para Guru Helat Program Peningkatan Kompetensi Guru

5 Mei 2024 - 08:10 WIB

Ngobrol Asik Jurnalistik: Meriahkan JOGED 2024 dengan Edukasi Jurnalistik

4 Maret 2024 - 15:06 WIB

Aliansi Mahasiswa Unej Lakukan Tuntutan Kritis Pemilu 2024

6 Februari 2024 - 11:47 WIB

Kementrian Agama Mewajibkan Pedagang Kaki Lima hingga UMKM Bersertifikat Halal

2 Februari 2024 - 20:53 WIB

Trending di News