Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 6 Mar 2023 04:17 WIB ·

Kalau Sekadar Membaca Saja, Semua Juga Bisa


 Kalau Sekadar Membaca Saja, Semua Juga Bisa Perbesar

Pena Pijar-Artikel, Menurut KBBI membaca merupakan kegiatan mengeja atau melafalkan apa yang tertulis, tetapi menurut Tarigan (2015:7) membaca adalah suatu proses dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata atau bahasa tulis. Semua orang sudah pasti bisa membaca bahkan dalam kacamata seorang muslim wahyu yang pertama kali turun kepada Nabi Muhammad Saw adalah iqro’ yang memiliki arti membaca.

Melakukan kegiatan membaca bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan oleh semua orang, dalam kehidupan sehari-hari pun kita tidak akan lepas dengan kegiatan membaca. Contoh dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita akan berbelanja dan mencari suatu produk tertentu maka tentu saja kita akan membaca suatu nama produk tersebut, hal sederhana seperti inilah yang tidak akan disadari oleh semua orang, bahwa dengan kita membaca maka kita sudah mendapatkan suatu informasi yang mana informasi tersebut bisa saja ditransfer kepada individu lain sehingga akan tercipta proses pembelajaran secara tak langsung.

Bagaimana cara kita agar kegiatan membaca yang kita lakukan tidak hanya memuaskan rasa penasaran tetapi juga memberikan suatu pelajaran yang tersirat dari bacaan yang kita baca, kita bisa memahami apa yang dimaksud dari suatu bacaan tersebut, meskipun kita membaca sebuah novel klasik percintaan anak muda kita tetap bisa mengambil pesan tersirat di dalamnya dan mampu diimplementasikan dalam kehidupan.

Tentu saja mengimplementasikan pesan tersirat dari suatu bacaan di dalam novel maupun bacaan lainnya tidak akan berhasil jika tidak ada dorongan maupun motivasi yang kuat untuk merapkannya, kita harus sadar dan memiliki motivasi gemar belajar dengan media apapun dan dimanapun. Hal ini nantinya akan memberikan dampak yang sangat positif dan signifikan. Membaca bukanlah suatu hal yang sulit tetapi kalau sekedar membaca saja semua orang juga mampu, maka sudah saatnya sebagai generasi muda kita menerapkan gemar membaca serta bumbu-bumbunya yakni analisis, terapkan, refleksi, dan evaluasi.

Penulis : Shintia Wati Djini Mantros

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 22 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini

29 Maret 2024 - 12:45 WIB

Untuk Apa Perempuan Sekolah Tinggi-Tinggi?

24 Maret 2024 - 11:08 WIB

Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi

21 Maret 2024 - 21:23 WIB

Pernikahan Dini menurut Kaca Mata Feminisme

15 Maret 2024 - 14:24 WIB

Stop Merokok Saat Berkendara

15 Maret 2024 - 14:19 WIB

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Trending di Artikel