Menu

Mode Gelap
 

Opini · 31 Mar 2022 16:10 WIB ·

Kesehatan Pada Masa Pandemi


 (Sumber Foto: Allianz Indonesia) Perbesar

(Sumber Foto: Allianz Indonesia)

Pena Pijar, Opini – Kesehatan merupakan keadaan sejahtera dari badan, jiwa, dan sosial yang memungkinkan setiap orang hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Kesehatan pada masa pandemi ini banyak masyarakat yang mengalami penurunan kesehatan jasmani dan rohani dapat di katakan bahwa masyarakat di Indonesia banyak yang terpapar covid-19 nah hal ini dapat mempengaruhi kesehatan. Orang-orang yang terpapar covid-19 tersebut bisa mengalami kesehatan yang kurang baik, sesak nafas, bahkan dapat juga menyebabkan kematian akibat terpapar covid-19.

Virus Covid-19 ini sendiri berasal dari Wuhan, Cina kemudian menyebar ke seluruh negara bahkan Indonesia sendiri merupakan negara Asean nomor 2 tertinggi dalam total covid-19 setelah singapura dengan 8.882 kasus.

Faktor-faktor penyebab kita terkena covid-19 yaitu antara lain seperti yang pertama kita tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) yang keluar saat penderita COVID-19 bersin atau batuk, kemudian yang kedua yaitu memegang mulut, hidung, atau mata tanpa mencuci tangan terlebih dulu, setelah menyentuh benda yang terkena droplet penderita COVID-19, misalnya uang atau gagang pintu, kemudian yang ketiga yaitu kontak jarak dekat (kurang dari 2 meter) dengan penderita COVID-19 tanpa mengenakan masker, kemudian WHO juga mengatakan penyebaran Covid-19 ini juga bisa melalui udara.

Covid-19 ini sangat beresiko untuk kesehatan tubuh dan hal ini sangat berbahaya, covid-19 ini menyerang orang lanjut usia, ibu hamil, perokok, penderita penyakit tertentu, dan orang yang daya tahan tubuhnya lemah, seperti penderita kanker. Penderita covid-19 ini biasanya mengalami gejala seperti flu, batuk, demam tinggi, dan juga sesak nafas.

Pada masa pandemi banyak kebijakan-kebijakan yang di keluarkan oleh pemerintah misalnya seperti vaksin nah vaksin ini dilakukan 2 kali. Vaksin ini berguna untuk menjaga imun tubuh kita agar tetap kebal dan dapat menjaga keseimbangan tubuh, vaksin ini wajib di lakukan oleh seluruh warga Indonesia, kemudian mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan sebelum memasuki ruangan atau kita juga bisa memakai handsaintazer. Dalam hal ini kita sebagai masyarakat Indonesia harus mematuhi kebijakan-kebijakan dari pemerintah karena dengan hal ini kita setidaknya bisa mengurangi covid-19.

Nah dengan adanya hal alangkah baiknya kita sebagai masyarakat yang taat akan pemerintah kita wajib mematuhinya hal ini bertujuan untuk kesehatan tubuh kita masing-masing.

*) Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Referensi :

https://dinkes.bogorkab.go.id/links/apa-itu-kesehatan-2/#:~:text=kesehatan%20adalah%20keadaan%20sejahter%20a,perawatan%20termasuk%20kehamilan%20dan%20persalinan.

https://www.alodokter.com/covid-19

Situasi Covid-19 di ASEAN-26 April 2020

Penulis : Devi Ainur Rohmah

Editor : Miftahur Rofiah

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kontemplasi Perubahan Pola Masuk Perguruan Tinggi

22 September 2022 - 21:16 WIB

Pentingnya Membangun Konsep Pendidikan yang Memanusiakan Manusia

22 September 2022 - 18:47 WIB

Peran Pendidikan dalam Kemajuan Sebuah Bangsa

20 September 2022 - 14:12 WIB

Refleksi Kemerdekaan: Tanggung Jawab Santri Meneruskan Perjuangan Cita-cita Kemerdekaan RI

17 Agustus 2022 - 13:30 WIB

Hiruk Pikuk Pemilu 2024

23 Juni 2022 - 08:27 WIB

Bagaimana Menjadi Mahasiswa yang Ideal?

23 Juni 2022 - 07:45 WIB

Trending di Opini