Menu

Mode Gelap
 

Opini · 16 Agu 2023 22:40 WIB ·

Langkah Awal Menggapai Cita-Cita di Orientasi Mahasiswa Baru


 Langkah Awal Menggapai Cita-Cita di Orientasi Mahasiswa Baru Perbesar

Pena Pijar, Artikel — Mahasiswa baru yang biasa kita kenal dengan sebutan “MABA” sudah menjadi trend yang biasa orang sebut di khalayak ramai. Kebanyakan mahasiswa baru yang dari luar pulau ataupun luar kota, tidak jarang ditemuinya culturshock terhadap lingkungan barunya. Adaptasi yang dilakukan oleh mahasiswa baru tentunya lama, mengingat sebelumnya dari segi bahasa ataupun adat istiadat setempat yang sudah menjadi “kebiasaan” kini dapat mengenal hal baru di lingkungan kampusnya. Tapi hal tersebut malah bagi sebagian mahasiswa menjadi pengalaman yang baru dan seru loh, kawan.

Sekarang ini banyak sekali pendapat mengenai mahasiswa baru harus aktif, misalnya dalam mengikuti organisasi ataupun mengikuti lomba-lomba yang disenanginya. Setiap mahasiswa tentunya memiliki minat dan bakat berbeda-beda. Hal tersebut bisa sebagai ajang menyalurkan bakat di lingkungan baru yaitu di kampusnya. Selain itu, suatu organisasi juga bisa membentuk karakter seseorang dikarenakan dalam organisasi terdapat banyak kegiatan yang dapat membentuk pola pikir suatu mahasiswa.

Menjadi mahasiswa baru harus mampu untuk beradaptasi dan memanfaatkan kesempatan sebaik mungkin. Banyak sekali peluang dan kesempatan yang dapat diperoleh selama berada di dunia perkuliahan. Namun, bagi mahasiswa baru di tahun pertama kuliah masih merasa asing dan belum familiar dengan berbagai hal yang ada di kampus. Nah, bagaimana caranya agar mahasiswa baru dapat cepat beradaptasi di lingkungan kampusnya?

  • Carilah teman atau relasi sebanyak mungkin.

Pertemanan ataupun relasi menjadi hal yang sangat penting di dunia perkuliahan. Mencari teman haruslah yang dapat mendukung kamu untuk terus maju dan berkembang nantinya. Mencari relasi dapat dilakukan dengan mengikuti suatu organisasi ataupun kepanitiaan yang dimana nantinya dapat menambah skills atau pengalaman kamu kedepannya.

  • Bergabung dengan Himpunan Mahasiswa (HIMA) atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Terdapat banyak manfaat yang kamu dapatkan jika mengikuti suatu organisasi kampusmu. Selain dapat memperluas relasi, manfaat lainnya juga dapat mengembangkan keterampilan ataupun pengalaman baru.

  • Manajemen Waktu

Mahasiswa baru harus pandai mengatur waktu dengan mengutamakan atau memprioritaskan kegiatan yang lebih penting. Hal itu dapat berguna agar kegiatan yang kamu ikuti lebih tertata sehingga kamu dapat bertanggung jawab menyelesaikan semuanya.

  • Jangan malu bertanya

Jika kamu tidak paham dengan dunia perkuliahan, misalnya materi, kamu dapat menanyakannya ke dosen, teman, ataupun kakak tingkat yang sekiranya lebih paham terkait materi yang kurang kamu pahami.

Penulis: Fivi Helend Andani

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 110 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Benarkah Universitas Impian Menjadi Tolok Ukur Kesuksesan Mahasiswa?

23 April 2024 - 18:59 WIB

Pandai Membaca Manfaat dan Tantangan Teknologi

23 April 2024 - 18:10 WIB

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu

13 Februari 2024 - 05:55 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Trending di Opini