Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 6 Mar 2023 15:24 WIB ·

Manajemen Waktu bagi Mahasiswa Kos


 Manajemen Waktu bagi Mahasiswa Kos Perbesar

Pena Pijar-Artikel, Menjadi seorang mahasiswa tentunya sangat berbeda ketika kita menjadi seorang siswa. Berbagai tantangan baru mulai muncul seiring dengan bertambahnya kesibukan dan padatnya jadwal.

Selain itu, seorang mahasiswa juga dituntut untuk bisa membagi waktunya dengan baik dan memposisikan diri agar tidak keteteran dalam melakukan tugas dan pekerjaan.

Apalagi bagi mahasiswa yang kos. Alih-alih senang karena bisa bebas dari jangkauan dan pengawasan orang tua, justru mereka harus bisa mengontrol diri dengan baik agar segala pekerjaan dan tugasnya bisa maksimal serta selesai tepat waktu, tidak boros, dan menjaga kesehatan dengan seimbang. Belum lagi jika ada deadline tugas kuliah yang berdekatan dan datang secara bersamaan. Itu merupakan tantangan tersendiri bagi anak kos yang harus bisa diatasi.

Nah, untuk bisa menyelesaikan tantangan itu, mahasiswa yang kos harus bisa memiliki time management atau manajemen waktu dengan baik. Untuk itu, ini merupakan beberapa siasat yang bisa digunakan agar kita sebagai mahasiswa dan anak kos bisa bekerja secara maksimal;

Selalu buat Planning dengan Catatan

Seringkali kita melupakan hal-hal kecil yang justru penting bagi kegiatan kita sehari-hari. Misalnya, besok kita berencana untuk pergi ke tukang jahit, tetapi kita lupa dan tidak mencatat hal tersebut. Alhasil, sepatu yang seharusnya kita gunakan untuk kuliah besoknya masih dalam keadaan yang rusak, padahal hal tersebut urgent untuk kegiatan kita. Maka dari itu, selalu catat apa pun rencana yang akan kita lakukan.

Urutkan dari yang Penting dan Mendesak 

Setelah kita membuat planning dan mencatat hal-hal yang akan kita lakukan, urutkan rencana tersebut dari yang paling penting. Misalnya, dalam rencana besok kita akan membeli bahan makanan untuk masak, tetapi besok juga ada tugas kelompok yang deadline dekat, maka kita bisa skip dulu belanja bahan makanan dan mendahulukan kerja kelompok.

Hindari Distraksi Terhadap Hal-hal yang Tidak Perlu 

Dalam menjalankan rencana, seringkali kita menemui hambatan. Sebagai contoh, saat hendak mengerjakan tugas, kita tidak sengaja membuka media sosial seperti Instagram, YouTube, dan lain-lain sehingga melupakan tujuan awal kita yaitu belajar, maka fokuskan diri untuk melakukan tujuan terlebih dahulu. Sebisa mungkin hindari distraksi yang tidak perlu.

Jangan Menunda

Jangan membiasakan diri untuk menunda-nunda pekerjaan, bahkan jika itu hal kecil dan remeh. Seperti membuang sampah, mencuci piring, atau mencuci baju. Sebab sering menunda menjadikan kita malas dan akhirnya melenceng dari rencana. Selain itu, menunda bisa membuang waktu kita dengan sia-sia.

Minimalisir Melakukan Pekerjaan Secara Bersamaan

Dengan kita melakukan multitasking di beberapa pekerjaan, fokus kita akan terpecah-pecah dan pekerjaan kita menjadi tidak maksimal, apalagi pekerjaan yang membutuhkan fokus dengan dosis tinggi. Untuk itu, sebisa mungkin hindari melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan. Kerjakan satu per satu dan tepat waktu.

Bangun lebih awal

Ketika kita bangun lebih awal, kita akan punya banyak waktu untuk menata dan mempersiapkan diri. Sehingga rencana yang sudah disusun bisa dilakukan dengan segera dan tergesa. Bangun lebih awal juga menjadikan pekerjaan kita lebih cepat selesai dan tidak dikejar waktu. Waktu sisa bisa kita gunakan untuk menata kembali keperluan yang kurang sebelum berangkat kuliah. Untuk bangun lebih awal, kita bisa menyetel alarm di ponsel.

Konsisten

Semua hal di atas akan berhasil dan menjadi kebiasaan apabila kita bisa konsisten dalam melakukannya. Seperti kata pepatah, sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, kita juga akan menjadi terbiasa. Awalnya mungkin memang sulit, tapi kita harus bisa memaksakan diri, sebab segala sesuatu yang baru selalu memiliki tantangan. Di situlah kita dipaksa untuk bisa dengan terbiasa, maka paksa dan paksa.

Jadi, poin-poin di atas merupakan beberapa siasat yang bisa kita lakukan sebagai mahasiswa dan anak kos dalam memanajemen waktu.

Perlu diingat, cara di atas selain memerlukan niat, juga perlu aksi dalam memulainya. Jadi, jangan hanya dicatat, tapi juga lakukanlah. Sebab segala sesuatu yang baru itu perlu dimulai.

Selamat memulai dan semoga bermanfaat. (Ulfiyanti)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 17 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Pendidikan Karakter Melalui Living Value Education (LVE): Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

9 Februari 2024 - 20:19 WIB

Peran Teknologi Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Intelektual Pendidikan

8 Februari 2024 - 02:30 WIB

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Membatasi Jenis Penyakit untuk Ditanggung

7 Februari 2024 - 11:02 WIB

KIP Kuliah 2024 Segera Dibuka! Simak Jadwal, Syarat, Manfaat dan Benefit, serta Pendaftarannya

4 Februari 2024 - 12:51 WIB

Peranan Perempuan dalam Merenggut Kemerdekaan

16 Agustus 2023 - 22:47 WIB

Trending di Artikel