Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 25 Feb 2023 14:56 WIB ·

Maraknya Jasa Joki Tugas Dapat Menghambat Produktivitas Mahasiswa


 Maraknya Jasa Joki Tugas Dapat Menghambat Produktivitas Mahasiswa Perbesar

Pena Pijar-Artikel, Banyak dari kita atau mahasiswa lain yang masih merasa keteteran dalam mengerjakan tugas, laporan, assignment, dan lainnya karena terlalu menumpuk. Bahkan banyak dari tugas-tugas yang diberikan membuat mereka begadang untuk mengerjakannya karena merasa bahwa satu hari 24 jam belum cukup untuk menyelesaikan seluruh tugasnya. Dosen juga tidak pernah mentoleransi kita atas keterlambatan pengumpulan. Mereka bahkan menyalahkan kita karena tidak dapat mengatur waktu dengan baik untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Belum lagi jika tugas yang diberikan membutuhkan pemahaman yang dalam untuk menyelesaikan atau bahkan memerlukan penelitian kepada target responden untuk mendapatkan data yang valid.

Oleh karena itu, dengan adanya masalah ini tentu saja muncul berbagai solusi  atas otak dari berbagai pebisnis untuk dapat menyelesaikannya. Seperti salah satu cara yang sering digunakan mahasiswa saat ini adalah joki. Banyak mahasiswa yang menggunakan jasa joki tersebut untuk dapat mempertahankan nilai mereka. Memang hal ini terlihat sangat menggiurkan, kita melihat bahwa dengan adanya joki, hal ini menjadi sebuah jasa “jalan pintas” yang kita bayar untuk menyelesaikan tugas kita. Hal ini membawa dampak positif kepada para joki karena mereka menjadi semakin ramai dan menghasilkan uang banyak, tidak hanya itu para joki juga menjadi bertambah pintar karena mengerjakan tugas-tugas tersebut. Namun dibalik dampak positif, pasti ada dampak negatif yang dihasilkan dari perjokian tugas ini yaitu penjoki membawa dampak buruk kepada produktivitas mahasiswa saat ini. Dimana produktivitas mahasiswa menjadi menurun dan mengandalkan para penjoki untuk menyelesaikan tugasnya. Pengetahuan dan kemampuan mahasiswa juga menjadi kosong.

Fenomena perjokian tugas ini tentu sangat sulit untuk dihilangkan karena banyak orang yang mencari uang dengan cara membuka jasa joki kepada teman-temannya. Memang hal ini terlihat seperti bentuk kecurangan kepada dosen karena tugas kita dibuat oleh orang lain dan hal ini tidak dapat dipantau oleh para dosen. Harus dari kesadaran diri kita sendiri sebagai mahasiswa untuk tidak menelantarkan tugas-tugas dan sebaiknya segera mencicil tugas tersebut supaya tidak menumpuk, sehingga dapat meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan kita dari mata kuliah yang diambil. Namun terkadang masih banyak mahasiswa yang belum percaya diri dalam mengerjakan ujian dan tugas, karena takut jika mendapatkan nilai jelek karena merasa hasil yang telah dibuat kurang bagus sehingga menggunakan jasa joki. Seharusnya mindset yang  ditanamkan adalah sejelek apapun hasilnya yang penting kita telah berusaha. Serta juga harus belajar mengerjakan semuanya sendiri dan menyadari bahwa tidak ada jalan pintas untuk semua hal.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 245 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini

29 Maret 2024 - 12:45 WIB

Untuk Apa Perempuan Sekolah Tinggi-Tinggi?

24 Maret 2024 - 11:08 WIB

Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi

21 Maret 2024 - 21:23 WIB

Pernikahan Dini menurut Kaca Mata Feminisme

15 Maret 2024 - 14:24 WIB

Stop Merokok Saat Berkendara

15 Maret 2024 - 14:19 WIB

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Trending di Artikel