Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 21 Mar 2024 21:23 WIB ·

Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi


 Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi Perbesar

Pena Pijar, Artikel — Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan sumber daya alam inilah yang menyebabkan Indonesia dijajah oleh bangsa lain. Salah satunya yakni hasil tambang meliputi emas, nikel, batu bara, timah, dan tembaga.

Dilansir dari feb.ugm.ac.id Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki cadangan mineral nikel yang sangat tinggi. Untuk produk emas sendiri Indonesia berada pada urutan kedua setelah China dengan kontribusi sebesar 39%. Hal ini menyebabkan Indonesia masuk dalam peringkat 10 besar di dunia. Sebagai masyarakat Indonesia kita harus bangga akan hal itu dan yang paling terpenting adalah harus bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Namun, hal tersebut tidaklah sesuai fakta di lapangan, Indonesia lebih banyak melakukan ekspor bahan mentah. Salah satu contohnya yaitu Indonesia mengekspor biji nikel mentah yang harganya akan berbeda dengan olahan dasar nikel. Jika hal itu dilakukan secara terus menerus, maka Indonesia akan mendapatkan keuntungan yang sangat sedikit dan terhambat menjadi negara maju. Oleh karena itu, muncul kebijakan baru dari presiden yaitu hilirisasi.

Hilirisasi adalah proses pengolahan bahan baku menjadi bahan yang siap pakai. Hilirisasi ini akan membawa manfaat bagi Indonesia di antaranya yaitu menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat, menghasilkan keuntungan yang lebih besar, menghasilkan produk yang lebih bervariasi, mampu bersaing dengan negara lain, mengurangi impor, dan meningkatkan ekspor.

Penulis: Riyanti

Penyunting: Putri Sabrina A.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini

29 Maret 2024 - 12:45 WIB

Untuk Apa Perempuan Sekolah Tinggi-Tinggi?

24 Maret 2024 - 11:08 WIB

Pernikahan Dini menurut Kaca Mata Feminisme

15 Maret 2024 - 14:24 WIB

Stop Merokok Saat Berkendara

15 Maret 2024 - 14:19 WIB

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Pendidikan Karakter Melalui Living Value Education (LVE): Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

9 Februari 2024 - 20:19 WIB

Trending di Artikel