Menu

Mode Gelap
 

Opini · 13 Feb 2024 05:55 WIB ·

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu


 Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu Perbesar

Pena Pijar, Opini – Setiap lima tahun sekali telah menjadi acara wajib Indonesia untuk menyelenggarakan pemilihan umum. Pergantian pemimpin eksekutif, legislatif maupun pemimpin daerah yang telah menjabat selama kurun waktu lima tahun atau sering disebut dengan satu periode. Pemilihan umum sendiri diselenggarakan dengan adil untuk seluruh warga negara yang telah mencapai usia 17 tahun atau telah memiliki KTP serta terdaftar di KPU.

Penyelenggaraan Pemilihan Umum di Indonesia sesuai dengan Pasal 3 UU Nomor 7 Tahun 2017, memiliki beberapa prinsip yang harus diketahui. Prinsip-prinsip tersebut antara lain, mandiri, proposional, jujur, profesional, adil, akuntebel, berkepastian hukum, efektif, tertib, efisien, dan terbuka. Semua prinsip ini dibuat bukan tanpa alasan, melainkan untuk menciptakan pemilihan yang demokratis dan dapat dipercaya oleh masyarakat.

Sebagai warga negara yang memiliki hak suara telah menjadi hal yang diharuskan untuk memberikan suara kita dalam pemilihan umum. Suara rakyat begitu menentukan pemimpin selanjutnya untuk kemajuan negara. Pemilihan bukan hanya sekadar pemilihan tetapi juga menentukan nasib Indonesia ke depannya. Warga Indonesia hendaknya menjadi pemilih yang bijak dengan menggunakan hak suara sebaik-baiknya. Memilih pemimpin dengan mempertimbangkan berbagai kebijakan dan tidak terhasut dengan berita simpang siur yang belum tentu kebenarannya, menjadi salah satu kebijaksanaan dalam memberikan suara kita.

Penulis : Chita Rossicha Nuravrida

Penyunting: Riyanti

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Rencana Kominfo Memblokir Developer Game Online Perlu Direvisi

7 Februari 2024 - 00:31 WIB

Sistem Pembelajaran Daring dalam Lingkungan Kampus

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Stigma Berpakaian Perempuan Muda di Sosial Media yang Mengundang Pelecehan Seksual

3 Februari 2024 - 19:37 WIB

Trending di Opini