Menu

Mode Gelap
 

Opini · 22 Jun 2023 12:50 WIB ·

Pancasila : Menjaga Kebhinekaan Bangsa


 Pancasila : Menjaga Kebhinekaan Bangsa Perbesar

Pena Pijar, Opini — Pancasila dengan prinsip “bhinneka Tunggal Ika” yang berarti “Berbeda – beda tetapi tetap satu jua”. Prinsip ini mengakui bahwa Indonesia adalah negara dengan berbagai ras, bahasa, dan agama. Namun, terlepas dari perbedaan tersebut, bangsa Indonesia memiliki identitas yang sama dengan warga negara yang sama. Oleh karena itu, Pancasila dapat membantu meningkatkan toleransi dan menghargai perbedaan di antara masyarakat Indonesia. Pancasila, sebagai dasar negara Indonesia, memiliki lima prinsip yang menjadi pedoman dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara. Salah satu prinsip yang sangat penting adalah kebhinekaan. Prinsip ini mengajarkan bahwa keberagaman suku, agama, ras, dan budaya harus dihormati dan dijaga sebagai kekayaan bangsa. Pentingnya menjaga kebhinekaan bangsa ini agar Indonesia tetap menjadi negara yang damai dan harmonis.

Dengan menghormati perbedaan satu sama lain, kita dapat hidup bersama dalam kebhinekaan yang indah. Hal ini juga dapat mencegah terjadinya konflik dan perpecahan yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Selain itu, menjaga kebhinekaan juga dapat memperkaya budaya dan kreativitas bangsa. Dengan memiliki beragam suku, agama, dan budaya, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam menghasilkan karya seni, sastra, dan inovasi teknologi yang unik dan khas. Hal ini juga dapat memperkaya kebudayaan Indonesia dan membanggakan bangsa di mata dunia. Namun, menjaga kebhinekaan juga bukanlah hal yang mudah. Terkadang, masih ada beberapa pihak yang tidak menghormati perbedaan dan cenderung meng-intoleransi.

Oleh karena itu, diperlukan upaya bersama dari seluruh elemen masyarakat untuk terus mengedukasi dan mengajarkan nilai-nilai Pancasila, terutama prinsip kebhinekaan. Dalam menjaga kebhinekaan, pemerintah juga memiliki peran yang sangat penting. Pemerintah harus mampu menciptakan kebijakan yang memperkuat kebhinekaan dan mencegah terjadinya diskriminasi dan intoleransi. Hal ini dapat dilakukan melalui pendidikan, penegakan hukum yang adil, dan penanganan konflik yang cepat dan tepat. Jadi, untuk menjaga kebhinekaan bangsa adalah sebuah tugas bersama dari seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Dengan menghormati perbedaan dan menjaga keberagaman, Indonesia dapat tetap menjadi negara yang damai, harmonis, dan maju.

Daftar Pustaka: https://kids.grid.id/read/473185677/mengenal-integrasi-nasional-dalam-bingkai-bhinneka-tunggal-ika

Penulis: Tafrihana Barrotum M

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 80 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu

13 Februari 2024 - 05:55 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Rencana Kominfo Memblokir Developer Game Online Perlu Direvisi

7 Februari 2024 - 00:31 WIB

Sistem Pembelajaran Daring dalam Lingkungan Kampus

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Trending di Opini