Menu

Mode Gelap
 

Straight News · 2 Feb 2023 02:57 WIB ·

Pandangan Paslon BEM FKIP UNEJ 2023 Dalam Pengawalan Kesetaraan Gender Melalui Orasi Terbuka


 Pandangan Paslon BEM FKIP UNEJ 2023 Dalam Pengawalan Kesetaraan Gender Melalui Orasi Terbuka Perbesar

Pena Pijar, Berita -Pasangan calon Ketua dan wakil Ketua BEM FKIP 2023, Arbi Syaifullah Akbar dan Sinta Nur Faedatur R telah menghadiri orasi terbuka yang diselenggarakan panitia KPUM (Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa) 2023. Acara ini digelar di gedung B FKIP UNEJ, Selasa, 31 Januari 2023 pada pukul 15.00 WIB. Beberapa perwakilan HMP (Himpunan Mahasiswa Prodi) juga turut diundang dalam acara ini, termasuk ketua BPM tahun lalu dan beberapa jajaran perwakilan BEM FKIP tahun 2022.

Orasi terbuka adalah acara yang digelar panitia KPUM 2023 guna mengetahui lebih lanjut visi-misi paslon BEM tahun berikutnya dan menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan, baik perwakilan BEM, BPM, maupun HMP. Penyampaian visi-misi paslon BEM melahirkan beberapa program kerja yang dapat menjadi solusi bagi berbagai permasalahan yang relevan dengan lingkup mahasiswa FKIP UNEJ. Arbi, prodi pendidikan ekonomi angkatan 2020, calon ketua BEM FKIP 2023 menjelaskan bahwasanya keyakinannya dalam mencalonkan diri adalah untuk memberikan kemaslahatan, sehingga bukan hanya sebatas kepentingan pribadi. “Disini kami mengawal seluruh kepentingan-kepentingan mahasiswa FKIP dengan didukung visi-misi yang telah kami usung dan direalisasikan dengan program-program kerja yang akan kami laksanakan nantinya,” ungkapnya.

“Selain ADSEC (Advokasi Service Center), web yang digunakan untuk menyalurkan seluruh problematika mahasiswa, program kerja unggulan kami yang kedua adalah BSO. Proker ini khusus dalam menangani hal-hal terkait permasalahan keperempuanan yang dikemas dengan FGI (Federation Gender Impowerment),” imbuhnya. Sinta, prodi pendidikan bahasa Inggris 2020, calon wakil ketua BEM FKIP 2023 turut menambahkan bahwasanya perempuan dan laki-laki memiliki jiwa leadership, sehingga tentunya perempuan juga dapat menjadi seorang pemimpin yang hebat apabila jiwa leadershipnya dilatih. Hal yang perlu digaris bawahi bagi kaum perempuan, yaitu jangan pernah takut untuk melangkah atau mencoba menunjukkan eksistensinya dihadapan publik.

“Untuk menjadi seorang pemimpin, jangan pernah ragu untuk speak up di publik karena sedikit demi sedikit itu akan membantu kecakapan kita sebagai seorang perempuan. Kita harus membuktikan dan terus mengusung kesetaraan gender dengan cara berani speak up dan tidak ragu dalam mencalonkan diri di ketua organisasi,” ungkapnya. Isu mengenai kesetaraan gender memang telah ada sejak beberapa waktu sebelumnya, tetapi masih saja terdapat beberapa problematika di lingkungan kampus yang merujuk pada masalah gender. Arbi dan Sinta mengusung visi-misi yang berkaitan dengan hal tersebut. “Kami dari BEM sendiri nantinya apabila terpilih akan bekerja sama dengan PSG (Pusat Studi Gender) untuk mengatasi permasalahan-permalasahan mengenai kekerasan seksual atau yang berkaitan dengan hal tersebut yang mungkin terjadi nantinya,” ungkap Arbi.

Sinta juga berpandangan bahwa sebenarnya kasus mengenai gender ini cukup banyak, hanya saja mereka tidak berani untuk mengungkapnya ke publik dengan beberapa alasan tertentu. “Karena itulah kami ingin mengawal mahasiswa-mahasiswa FKIP setidaknya bisa speak up yang tentunya akan mengganggu mental mereka. Oleh karena itu, kita akan mengawal kasus gender tersebut yang nantinya diteruskan ke PSG,” imbuh Sinta. Arbi menambahkan bahwasanya bagi mahasiswa yang memiliki permasalahan yang merujuk pada isu gender untuk berani dalam mengambil langkah. Hal ini tentunya ada kesiapan dari pihak BEM nantinya dalam mengawal isu tersebut melalui jalinan kerja sama dengan PSG. “Jangan pernah takut dan jangan menyepelekan permasalahan ini karena apabila disepelekan akan menjadi biasa nantinya, padahal dampak yang ditimbulkan luar biasa,” pungkas Sinta.

Pewarta: Qoriyanto Dwi Pradana

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 140 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Uji Coba Barrier Gate/Palang Parkir Otomatis Universitas Jember Mulai Diberlakukan

27 Februari 2024 - 17:40 WIB

Pembina Unit Kegiatan Pers Mahasiswa Pijar Pendidikan Diganti, Begini Kronologinya

18 Februari 2024 - 22:20 WIB

Mahasiswa FKIP Universitas Jember Gelar Pembukaan Kegiatan PPK Ormawa Di Desa Kemiri, Panti.

31 Agustus 2023 - 09:36 WIB

Ketua Laboratorium KKPLP Tegaskan Puluhan Mahasiswa Bukan Ditolak Sekolah

25 Juli 2023 - 12:24 WIB

Sempat Ditolak Sekolah, Mahasiswa Sudah Laksanakan KKPLP di Sekolah Baru

25 Juli 2023 - 12:00 WIB

Puluhan Mahasiswa KKPLP Universitas Jember Ditolak Sekolah

17 Juli 2023 - 17:36 WIB

Trending di Straight News