Menu

Mode Gelap
 

Straight News · 21 Sep 2021 04:32 WIB ·

Pasca KKPLP, Mahasiswa diharapkan Mampu Menjadi Guru Profesional


 Pasca KKPLP, Mahasiswa diharapkan Mampu Menjadi Guru Profesional Perbesar

foto : istimewa

Kuliah Kerja dan Pengenalan Lapangan Persekolah (KKPLP) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unej telah usai pada Senin, (20/9). Hal ini ditandai dengan acara ceremonial penarikan KKPLP di ruang Al- Farabi gedung H. Harapannya mahasiswa KKPLP nantinya mampu menjadi guru professional.

Slamet Hariyadi selaku Kepala Lab KKPLP menyampaikan bahwa  penting bagi mahasiswa FKIP yang telah melaksanakan kegiatan pembelajaran langsung di sekolah menjadi guru yang profesional. KKPLP ini tentunya akan menjadi arena belajar mahasiswa untuk melatih dirinya sebagai seorang pendidik maupun sebagai agen sosial nantinya.

“Kompetensi utama yang dimiliki mahasiswa FKIP adalah keterampilan profesional sebagai guru, maka keterampilan dasarnya harus memahami dan mengenal lingkungan sekolah. Tak lain KKPLP ini juga menjadi tokoh penggerak bagi masyarakat dan harus memiliki peran bagi masyarakat itu sendiri,” tuturnya.

Lebih lanjut beliau berharap agar mahasiswa KKPLP memiliki pengalaman nyata yang nantinya akan bertarung dengan dunia masyarakat. “Harapannya kedepan mahasiswa mampu menjadi motor penggerak dengan dunia masyarakat nantinya agar bisa bertarung dengan kondisi  sosial nantinya,” imbuhnya.

Salah seorang mahasiswa Muhammad Mukhlisin yang mengikuti KKPLP tahun ini mengatakan banyak pengalaman menarik dari KKPLP yang terlaksana, seperti akses jalan yang sulit dan belajar dengan warga setengah baya yang sangat menyenangkan.

“Pengalaman KKPLP yang sangat membekas bagi ingatan saya yakni sudah dianggap sebagai anak sendiri oleh warga disana. Karena kebetulan saya mengajar kesetaraan Paket A yang mana para peserta didiknya adalah orang – orang dewasa, sehingga saya sendiri sangat menikmati mengajar di sini,” ungkapnya.

 

Penulis : Dwi Ilma Damayanti

Editor : Achmad Fuji Asro

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 6 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pemilih Cerdas, Kunci Keberhasilan Pemilu 2024

10 November 2022 - 17:26 WIB

Mahasiswa FKIP Unej Keluhkan Fasilitas Kampus yang Tak Memadai

12 Oktober 2022 - 20:01 WIB

BEM FKIP Unej Dipersulit Adakan PPMB, Wadek III: Alihkan Dana Proker BEM dan BPM Saja!

12 Oktober 2022 - 19:49 WIB

HMPS PGSD Gandeng SD Labschool FKIP Unej Peringati Hari Kemerdekaan RI

7 September 2022 - 15:54 WIB

Tolak Kenaikan BBM, Cipayung Plus Jember Geruduk Gedung DPRD

7 September 2022 - 02:24 WIB

AC Ruangan Mati, Mahasiwa Baru Pingsan Saat Materi PKKMB

17 Agustus 2022 - 05:34 WIB

Trending di Straight News