Menu

Mode Gelap
 

Opini · 25 Feb 2023 13:55 WIB ·

Pentingkah Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kampus?


 Pentingkah Mahasiswa Mengikuti Organisasi Kampus? Perbesar

Pena Pijar-Opini, Mahasiswa merupakan salah satu komponen penting dari sebuah universitas atau perguruan tinggi. Menjadi mahasiswa pastinya bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan kita menjadi mahasiswa kita dapat belajar banyak hal, baik itu ilmu atau pengalaman, kita dapat mengembangkan potensi yang kita miliki. Hal tersebut dapat kita terapkan atau kita cari dengan cara aktif mengikuti Organisasi Mahasiswa, Unit Kegiatan Mahasiswa kampus serta masih banyak lagi. Dengan kita mengikuti Ormawa atau UKM yang ada di kampus kita mendapatkan banyak sekali keuntungan, baik itu soft skill  maupun hard skill kita dan pengalaman–pengalaman yang bermanfaat lainnya.

Organisasi mampu mengembangkan diri kalian dengan cara yang lebih bebas dan luas. Tentunya mahasiswa yang mengikuti suatu organisasi akan berbeda dengan mahasiswa yang hanya belajar di kelas saja. Organisasi dapat melatih kedisiplinan, keberanian, dan mengembangkan kemampuan. Baik kemampuan yang sederhana maupun kemampuan yang baru dan berbeda dari kebanyakan orang.

Saat ini banyak sekali mahasiswa yang memiliki pemikiran bergabung di Organisasi  dapat menjadikan kita menjadi mahasiswa kura-kura (kuliah rapat-kuliah rapat), tukang jualan, budak kampus, dan masih banyak lagi yang mahasiswa saat ini pikirkan. Padahal, dengan ber-organisasi kita bisa mencapai tujuan bersama yang efisien dan efektif, setiap anggota organisasi memiliki peranannya masing-masing sesuai dengan job desk yang dimiliki, serta dengan mengikuti organisasi, kita dapat belajar bagaimana bekerja sama dalam tim untuk menyelesaikan suatu masalah.

Lalu apa saja sih kak, manfaat dari kita mengijuti organisasi kampus?

  1. Menambah Relasi (Expand Your Network)

Manfaat yang paling umum dirasakan pada saat aktif berorganisasi ialah memiliki teman yang cukup banyak, baik teman yang saling terhubung dalam organisasi ataupun teman-teman yang berasal dari organisasi kampus lain.

Masuk ke dalam sebuah organisasi berarti bergabung dalam sebuah jaringan. Oleh karena itu, tidak heran jika mahasiswa yang ikut aktif dalam kegiatan organisasi sering kali memiliki relasi yang banyak dari berbagai kalangan.

  1.      Ajang Latihan Dunia Kerja (Training Arena of Profesional World)

Salah satu hal yang didapat jika memiliki kemampuan berorganisasi dengan baik adalah kamu pasti akan mudah untuk mengatur banyak orang. Hal tersebut sangatlah susah dilakukan jika kamu tak memiliki pengalaman sama sekali karena setiap orang pastilah memiliki karakter yang berbeda-beda.

Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Kamu akan dihadapkan oleh beberapa tanggung jawab yang menuntutmu untuk bisa mengatur banyak orang. Maka dari itu alangkah baiknya kamu harus ikut organisasi mulai dari sekarang. Anggaplah hal tersebut sebagai investasi jangka panjang yang akan menguntungkanmu suatu saat nanti.

  1.      Meningkatkan Bakat dan Menambah Kemampuan Berkomunikasi

Soft Skill memang sangat penting untuk ditingkatkan, dengan mengikuti Organisasi atau UKM di kampus, kita bisa meningkatkan skill kita dengan pesat dengan berbagai latihan serta bimbingan dari para senior dan juga dengan mengikuti berbagai lomba-lomba yang diselenggarakan, dalam hal tersebut komunikasi yang baik sangat dibutuhkan apalagi jika bekerja dalam sebuah tim tentunya komunikasi yang lancar sangat diperlukan.

  1.      Belajar Manage Waktu

Pentingnya ikut organisasi tidak hanya berdampak pada orang lain, melainkan besar manfaatnya untuk diri sendiri. Semakin dewasa seseorang tentu kegiatannya akan semakin banyak juga. Pastinya kita tidak ingin waktu terbuang sia-sia, bukan? Di organisasi, kamu bisa lebih menghargai dan mengatur waktu dengan baik. Hal ini akan berimbas baik untuk kita ke depannya karena akan terbiasa mengatur jadwal-jadwal kegiatan. Tujuannya agar semua kegiatan bisa dilaksanakan secara terstruktur dan tidak ada kegiatan atau waktu yang terbuang sia-sia.

  1.      Keluar dari Zona Nyaman

Pentingnya ikut organisasi memiliki manfaat yang banyak bagi diri sendiri dan orang lain. Kamu akan belajar dan terus belajar mendalami peranan yang dimiliki. Kamu bisa keluar dari zona yang menjadi zona nyaman dan belajar di dunia lain, bahkan di dunia yang sulit untuk diperankan. Siapa tahu di masa depan kamu akan bekerja dan memerankan peranan yang sama ketika di organisasi. Jadi, lakukan peranan tersebut dengan baik dan pelajari segala hal agar bisa lebih maksimal

Mungkin hal diatas dapat menjadi pertimbangan mahasiswa-mahasiswa yang masih bingung untuk mengikuti organisasi atau tidak karena saat ini banyak sekali mahasiswa yang memilih menjadi kupu-kupu (kuliah pulang-kuliah pulang) dengan alasan organisasi mahasiswa saat ini monoton dan hanya seputar jualan dan seni tadi atau masih banyak lainnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 113 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu

13 Februari 2024 - 05:55 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Rencana Kominfo Memblokir Developer Game Online Perlu Direvisi

7 Februari 2024 - 00:31 WIB

Sistem Pembelajaran Daring dalam Lingkungan Kampus

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Trending di Opini