Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 29 Mar 2024 12:45 WIB ·

Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini


 Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini Perbesar

Pena Pijar, Artikel – Mendidik dan membesarkan anak bukanlah hal yang mudah, terbukti dengan adanya sebagian orang tua yang merasa kesulitan saat mengasuh anaknya. Namun, ilmu mengasuh anak saat ini kurang dikenal oleh masyarakat awam bahkan dianggap tidak penting. Seharusnya orang tua memiliki pemahaman yang baik tentang perlunya ilmu mengasuh anak karena tanggung jawab mendidik seorang anak bukanlah tugas yang mudah.

Apabila orang tua tidak memiliki pengetahuan dasar tentang ilmu mengasuh anak, maka akan memberi dampak buruk pada anak-anaknya. Ketika orang tua terlibat dalam pertengkaran, seringkali anak menjadi korban. Hal ini dapat mengganggu pikiran anak dan menghambat tumbuh kembangnya. Di sisi lain, banyak orang tua yang ingin anaknya berprestasi dan sesuai dengan ekspektasi orang tuanya. Orang tua menuntut tanpa mempertimbangkan kemampuan dan kebutuhan anak. Permintaan-permintaan ini dapat membuat anak merasa tidak nyaman, sehingga membuat mereka merasa marah dan stres. Terlalu banyak rasa takut dapat memengaruhi pikiran anak. Menurut World Population Review, angka bunuh diri di Korea meningkat karena tuntutan akademik dari orang tua kepada anaknya.

Ilmu mengasuh anak dapat memberikan sarana komunikasi yang efektif antara orang tua dan anak. Komunikasi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak karena komunikasi adalah hal pertama yang mereka tangkap sebelum memberikan respons lanjutan. Oleh karena itu, penting untuk mempelajari ilmu mengasuh anak sejak dini agar lebih peka terhadap proses tumbuh kembang anak, tahu hak-hak apa saja yang harus dipenuhi kepada anaknya, serta saling mengedukasi dengan orang tua lainnya.

Pentingnya memahami ilmu mengasuh anak bagi calon orang tua meliputi:

1. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi. Pemahaman yang baik akan pentingnya ilmu mengasuh anak akan membantu orang tua mengembangkan pengetahuan dan kemampuan dalam berkomunikasi dengan anak-anak mereka, khususnya saat tahun-tahun pertama kelahiran saat anak belum bisa berbicara.

2. Ilmu mengasuh anak membantu memahami tumbuh kembang anak. Perkembangan setiap anak berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Tidak jarang masih kerap ditemukan orang tua yang membanding-bandingkan anaknya dengan anak lain. Di sinilah pentingnya ilmu mengasuh anak, sebab akan membuat orang tua bisa memahami porsi atas perkembangan anaknya.

3. Membentuk tipe orang tua yang waspada. Sebagian orang tua sangat protektif dan khawatir sehingga banyak memberi batasan dan larangan untuk anak-anaknya. Sebaliknya, ada juga orang tua yang begitu lembut sehingga memberi kebebasan terhadap anak-anaknya. Orang tua yang memahami ilmu mengasuh anak dengan baik akan tahu bagaimana memosisikan diri menjadi orang tua yang waspada, yaitu bersikap tegas dan lembut dalam waktu bersamaan.

Penulis: Fidelya Devina Wardhani

Penyunting: Riyanti

Sumber gambar: Pinterest

Sumber tulisan: Kumparan dan Bentang Pustaka

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 11 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Untuk Apa Perempuan Sekolah Tinggi-Tinggi?

24 Maret 2024 - 11:08 WIB

Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi

21 Maret 2024 - 21:23 WIB

Pernikahan Dini menurut Kaca Mata Feminisme

15 Maret 2024 - 14:24 WIB

Stop Merokok Saat Berkendara

15 Maret 2024 - 14:19 WIB

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Pendidikan Karakter Melalui Living Value Education (LVE): Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

9 Februari 2024 - 20:19 WIB

Trending di Artikel