Menu

Mode Gelap
 

Opini · 3 Apr 2023 22:16 WIB ·

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Bulan Puasa


 Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental di Bulan Puasa Perbesar

Pena Pijar, OPINI – Setiap tahunnya, umat muslim pasti akan selalu menjalankan ibadah puasa. Berpuasa adalah wajib bagi para umat muslim di dunia. Terkadang, bulan puasa menjadi bulan yang sangat padat karena banyaknya aktivitas yang dilakukan. Seperti shalat tarawih, tadarus Al-Qur’an, berbagi takjil, buka puasa bersama atau bahkan ngabuburit bersama teman-teman. Aktivitas-aktivitas itu membuat kita menjadi makin sibuk menjalani bulan puasa. Nah, hal itu dapat memicu adanya stress yang muncul karena padatnya kesibukan,! Maka dari itu, kita perlu beberapa tips untuk mengurangi stress dikala padatnya kegiatan di bulan puasa.

Pertama, buatlah To Do List. Dengan adanya To Do List, maka kegiatan kita akan lebih teratur dan terencana sehingga kita dapat mengetahui kapan kita harus beraktivitas dan kapan kita harus beristirahat. Tubuh kita tentu perlu istirahat yang cukup di bulan puasa ini agar energi tidak terkuras habis untuk melakukan aktivitas-aktivitas tertentu. Selain itu, membuat To Do List juga dapat membantu memanajemen waktumu dengan baik sehingga membantu kinerjamu lebih efektif.

Tips kedua adalah lakukan kegiatan yang kita sukai. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang disukai, maka itu akan membantu mengurangi stress dan juga melakukan hal positif untuk mengisi waktu luang. Contohnya adalah membaca buku, mendengarkan lagu religi atau ayat-ayat suci, ataupun memasak makanan kesukaan kita.

Ketiga, mengenali diri sendiri. Kita perlu kenal dengan diri kita sendiri agar kita tahu apa yang kita butuhkan dan tidak kita butuhkan. Sehingga, kita dapat meminimalisir kegiatan yang tidak kita butuhkan. Hal ini juga dilakukan agar kita tidak terlalu memforsir diri kita dengan banyaknya kegiatan yang tentunya akan menimbulkan stress berlebih. Tips yang terakhir adalah usahakan untuk tetap terhubung dengan orang lain. Tips ini mungkin lebih dibutuhkan untuk para anak kost yang jauh dari keluarganya. Bulan puasa pasti menjadi bulan yang berat untuk mereka. Dengan tetap terhubung dengan orang lain, seperti orang tua, teman, saudara, dan lainnya, maka mereka tidak akan merasa sendiri dalam menjalani ibadah puasa. Karena jika mereka merasa sendiri dan sepi, maka itu akan menyebabkan stress dan gangguan mental. Komunikasi harus tetap terbuka agar dapat menyeimbangkan kesehatan mental kita.

Itulah beberapa tips yang dapat kita lakukan agar terhindar dari gangguan mental seperti stress, depresi, dan gangguan lainnya. Selain menjaga kesehatan mental, tidak lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan fisik kita selama bulan puasa ini dengan mengatur pola makan yang baik tentunya. Semangat menjalankan ibadah puasa di tahun ini!

Penulis : Ihda Wahyu Isnaini

 

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 23 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu

13 Februari 2024 - 05:55 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Rencana Kominfo Memblokir Developer Game Online Perlu Direvisi

7 Februari 2024 - 00:31 WIB

Sistem Pembelajaran Daring dalam Lingkungan Kampus

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Trending di Opini