Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 25 Feb 2023 13:31 WIB ·

Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental  


 Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental    Perbesar

Pena Pijar-Opini, Kesehatan mental merupakan keadaan dimana seseorang memiliki perasaan sejahtera yang terlihat, mampu mewujudkan potensi dirinya, mampu menahan tekanan hidup normal dalam berbagai situasi kehidupan, mampu bekerja dan menghasilkan secara produktif dan tahu bagaimana melakukannya untuk berpartisipasi kepada komunitas mereka.

Menurut WHO (World Health Organization), keadaan sejahtera dimana semua orang bisa untuk memahami potensi mereka sendiri dalam kaitannya dengan kesehatan mental mereka. Artinya, setiap orang memiliki cara mereka sendiri untuk menghadapi tekanan di dalam diri mereka sehingga menjadi normal, lebih produktif, bermanfaat dan efisien baik untuk orang-orang disekitarnya. Tetapi untuk melewati semua ini, harus berada disituasi yang tenang dan terbuka sehingga mereka bisa mengatasi tekanan dan masalah dengan baik.

Kebanyakan masyarakat sekitar terlalu mementingkan kesehatan fisik mereka, tanpa memikirkan bahwa kesehatan mental juga penting untuk diperhatikan. Kenyataannya, kesehatan mental itu dapat berdampak bagi kesehatan fisik.

Sehat bukan berarti hanya tentang terhindar dari segala penyakit yang menyerang ke dalam tubuh manusia. Melainkan, sehat itu mencakup seluruh kondisi mental, fisik dan sosial yang setiap manusia miliki. Setiap orang memiliki kondisi mental yang berbeda-beda, dan cara menanggapi kondisi tersebut pun berbeda-beda. Ada yang mampu menanggapinya dengan keadaan tenang, dan ada juga yang menanggapinya dengan rasa kecewa, marah serta takut. Dan dengan keadaan tersebut, berarti kondisi mental yang dimiliki mempunyai suatu gangguan.

Sebagian besar manusia mengalami gangguan mental ketika memasuki masa remaja, dimana pada saat itu, remaja mengalami fase perkembangan untuk beranjak menjadi dewasa. Perubahan emosi yang dimiliki membuat remaja berusaha mengendalikan seluruh emosi yang ada di dalam dirinya, mereka tidak dapat mengendalikan emosinya dengan baik, sehingga mengalami tekanan dan ketegangan emosi. Di masa remajanya, ia mulai mencari cara untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Cara berpikir dan bertindak yang baru dimulai.

Mengapa menjaga kesehatan mental itu sangatlah penting? Karena dengan adanya kondisi mental yang sehat, manusia mampu menyikapi masalah dengan baik, mampu berinteraksi dengan baik, mendorong untuk memiliki tubuh yang sehat, membantu meningkatkan konsentrasi, serta membantu menghadapi tantangan keseharian.

Selama ini, pentingnya menjaga kesehatan mental menjadi salah satu ujung tombak kesuksesan diri sendiri. Setelah kita lelah menghadapi kerasnya dunia dengan begitu banyak tekanan, sudah selayaknya kita menghadiahi diri sendiri dengan reward. Dalam hal ini, seni mencintai diri sendiri harus dimainkan. Menghargai diri sendiri menciptaakan euphoria yang dapat mengurangi stress dan depresi. Pendapat tentang diri sendiri, baik positif maupun negatif, harus dijadikan sebagai motivasi untuk terus menggapai potensi diri. (Fatimah Zahra Rahmanisa)

Sumber:

Jurnal STIKS. Mengenal Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental. Maria Chelsea (Mahasiswi STARKI).

RSUP. Dr. Sardjito Yogyakarta. Pentingnya Menjaga Kesehatan Mental. Humas Sardjito. Divisi Hukum dan Hubungan Masyarakat RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta.

Kementrian Kesehatan Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan. Mengenal Pentingnya Kesehatan Mental Pada Remaja. Elsa Savitrie, SKM, M.Kes – RSUP dr. Mohammad Hoesin Palembang.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 35 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Pendidikan Karakter Melalui Living Value Education (LVE): Pencegahan Ekstremisme Kekerasan

9 Februari 2024 - 20:19 WIB

Peran Teknologi Blockchain dalam Meningkatkan Keamanan Intelektual Pendidikan

8 Februari 2024 - 02:30 WIB

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Membatasi Jenis Penyakit untuk Ditanggung

7 Februari 2024 - 11:02 WIB

KIP Kuliah 2024 Segera Dibuka! Simak Jadwal, Syarat, Manfaat dan Benefit, serta Pendaftarannya

4 Februari 2024 - 12:51 WIB

Peranan Perempuan dalam Merenggut Kemerdekaan

16 Agustus 2023 - 22:47 WIB

Trending di Artikel