Pentingnya Pendidikan bagi Perempuan

0 0
Read Time:1 Minute, 43 Second

OPINIPIJAR.COM – Dimasa sekarang, semua manusia sudah merdeka dan apa lagi bagi seorang perempuan. Hampir semua perempuan sudah seharusnya dianggap sejajar dengan kaum pria. Dimana sejajar berarti perempuan memiliki hak yang sama, sehingga sering kita dengar istilah “Emansipasi Wanita”. Di Negara Indonesia sendiri, memperlihatkan mengenai kedudukan seorang laki-laki lebih tinggi dibandingkan perempuan, jika kita menguak sejarah menjelaskan bahwa laki-laki diperbolehkan meneruskan pendidikan sedangkan perempuan tidak boleh karena ujung-ujungnya akan mengurusi masalah dapur.

Sehingga perempuan kurang mendapatkan pendidikan. Lalu muncullah gerakan emansipasi perempuan yang digagas oleh Raden Ajeng Kartini, dalam hal ini sebenarnya menuntut hak perempuan dalam dunia pendidikan. Perempuan dapat menjadi role model dalam sosialisasi primer dikeluarga jikalau perempuan tidak mampu memberikan pemahaman mengenai pembelajaran pendidikan, sehingga penting perempuan dalam menempuh pendidikan.

Bagi perempuan pendidikan itu penting bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi dengan pendidikan tersebut perempuan dapat mendapatkan ilmu dan juga pengalaman untuk bekal seorang perempuan yang kelak dapat membimbing anaknya suatu saat nanti. Di zaman digital seperti ini perempuan juga harus dapat menguasai dan paham tentang teknologi agar bisa mengawasi anak-anak mereka supaya tidak salah menggunakan internet, seseorang yang cerdas pasti paham benar bahwa apa yang di ajarkan kepada anak sangat berpengaruh terhadap perkembangannya kelak. Karena cara berpikir Ibu akan sangat mempengaruhi cara mereka mendidik anak.

Sebagai perempuan juga harus bisa mandiri dan tidak terus-terusan bergantung pada suami, kita tidak tahu apa yang terjadi di massa yang akan datang. Menjadi istri yang baik tidak ada hubungannya dengan kata-kata bisa ini dan itu. Karena hakekatnya seorang perempuan sudah memahami kemerdekaan dirinya sendiri. Dan itu lah mengapa pentingnya pendidikan pada seorang perempuan, karena dia sudah berbekal ilmu dan juga pengalaman-pengalaman yang diperolehnya dalam menuntut ilmu tersebut. Sehingga dengan pendidikan tersebut, perempuan dapat terus berkarier dan berusaha tidak bergantung pada orang lain.

Perempuan yang hebat tidak perlu mengatakan kepada dunia tentang kehebatannya, juga tidak membutuhkan pengakuan dari orang-orang di sekitarnya. Karena karakter mulia akan terpampang nyata melalui tutur katanya, pikirannya, dan perbuatannya.

*) Mahasiswa Pendidikan Luar Sekolah

Penulis : Rahma Maulida

Editor : Miftahur Rofiah

 

 

 

 

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.