Menu

Mode Gelap
 

Opini · 25 Feb 2023 14:42 WIB ·

Pentingnya Pengawasan Anak Terhadap Maraknya Penggunaan Gadget


 Pentingnya Pengawasan Anak Terhadap Maraknya Penggunaan Gadget Perbesar

Pena Pijar-Opini, Di masa modern ini di mana Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) mengalami perkembangan pesat. Khususnya pada media komunikasi. Salah satu teknologi komunikasi yang populer saat ini adalah gadget. Gadget merupakan sebuah elektronik kecil yang fungsinya sebagai alat komunikasi. Saking populernya teknologi ini, gadget dapat di akses oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi terhadap perkembangan anak usia dini, karena dengan kemajuan teknologi dapat menumbuhkan kreatifitas anak. Hal tersebut di dukung dengan adanya tampilan gambar yang bisa bergerak, efek suara serta nyanyian yang dapat dijadikan sebagai salah satu media pembelajaran bagi anak usia dini.

Perkembangan teknologi tentunya memiliki dampak positif dan negatif bagi semua kalangan. Jika dilihat dari segi manfaat teknologi sangat memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Akan tetapi, hal tersebut akan berdampak sebaliknya jika tidak digunakan sebagaimana porsinya. Jika terus seperti ini akan berdampak buruk bagi kita, khususnya pada anak-anak.

Maraknya penggunaan teknologi yang salah digunakan seperti mencari informasi yang bukan untuk dikonsumsi oleh anak usia dini, bermain games online tanpa kenal waktu alias sepanjang hari dan sebagainya. Hal tersebut dapat membuat anak tidak mempedulikan lingkungan sekitar bahkan sangat acuh. Dalam hal ini peran orang tua sangat di perlukan untuk mengawasi dan menjelaskan dan memperkenalkan teknologi.

Pada awal februari 2023 saya mendapati curhatan wali murid di salah satu SD Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. Bahwasannya anak cenderung melawan orang tua dan tidak menghiraukan nasehat dari orang tua. Tidak hanya itu, anak juga tidak mau untuk mengerjakan PR yang telah di berikan oleh guru dan malah menyuruh orang tua untuk mengerjakan PR tersebut. Hal ini dikarenakan anak tersebut terlalu asik bermain gadget dan jika si anak di tegur, anak tersebut menjadi marah.

Pentingnya pengawasan orang tua terhadap anak bermain gadget ini harus dimulai dari dini. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi orang yang baik, sikap mental sehat dan mandiri. Orang tua sebagai guru pertama bagi sang anak sekaligus pembentuk karakter pertama bagi anak harus menjadi tauladan yang baik. Sikap dan tindakan orang tua secara tidak langsung akan mempengaruhi kepribadian anak dalam perkembangannya. Dalam permasalahan ini quality time sangat di anjurkan, mengobrol santai dan bermain bersama dengan keluarga, sehingga anak dapat teralihkan dari kecanduan bermain gadget. Orang tua juga bisa membatasi penggunaan gadget sang anak, misal hanya boleh menggunakan gadget  saat weekend agar sang anak bisa meminimalisir keinginan untuk bermain secara keterusan. (Nur Rizqina Ulya)

Sumber:

Miranti, P., & Putri, L. D. (2021). Waspadai Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini.

Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. 3.

Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 130 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kecenderungan Perilaku Self-Harm pada Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:47 WIB

Menjadi Warga Bijak dengan Pemilu

13 Februari 2024 - 05:55 WIB

Membangun Citra: Pentingnya Personal Branding di Era Digital

11 Februari 2024 - 22:06 WIB

Perubahan Karakteristik Seorang Paslon dalam Berkampanye untuk Menutupi Masalah Politik Terdahulu

8 Februari 2024 - 19:48 WIB

Rencana Kominfo Memblokir Developer Game Online Perlu Direvisi

7 Februari 2024 - 00:31 WIB

Sistem Pembelajaran Daring dalam Lingkungan Kampus

5 Februari 2024 - 12:12 WIB

Trending di Opini