Menu

Mode Gelap
 

Tekno & Sains · 16 Feb 2023 23:13 WIB ·

Perkembangan Teknologi Diikuti Sumber Daya Manusia Yang Mumpuni


 Perkembangan Teknologi Diikuti Sumber Daya Manusia Yang Mumpuni Perbesar

Pena pijar, Artikel – Perkembangan teknologi saat ini begitu pesat, era yang disebut dengan, revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan perkembangan luar biasa pada bidang internet. Segala sesuatu yang berhubungan dengan kehidupan tak jauh dari ikut campur teknologi bernama internet tersebut. Oleh sebab itu dapat dikatakan manusia saat ini begitu bergantung pada internet guna mendapat lebih banyak informasi dan bantuan.

Internet sendiri pertama kali dibuat oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada tahun 1969 dan terus dikembangkan hingga saat ini. Internet yang kini telah masuk ke berbagai bidang kehidupan, meliputi komunikasi, perekonomian hingga kesehatan. Hanya dengan mengandalkan smartphone dan jaringan internet berbagai layanan didapatkan dengan mudah dengan waktu yang efektif.

Namun dengan berkembangnya internet dan gempuran digitalisasi diperlukan juga SDM yang mumpuni, manusia pun dituntut untuk lebih berkembang lagi untuk dapat mengikuti laju pertumbuhan era yang begitu cepat. Tak hanya diharapkan dapat mengikuti perkembangan, dengan adanya SDM yang mumpuni akan dapat membuat teknologi baru yang lebih maju lagi.

Di era ini semua berpikir untuk menjadi manusia modern, namun nyatanya masih banyak generasi muda tidak mendapatkan pendidikan yang layak bahkan hingga putus sekolah. Banyaknya rasa tak peduli dan berpikiran hanya perlu mengemban bangku sekolah sebatas sekolah menengah akan membuat pemikiran yang tidak berkembang, sehingga lambat laun akan semakin tertinggal. Hal ini dapat membuat teknologi yang tadinya di jalankan oleh manusia akan berbalik mengendalikan manusia.

Pendidikan dan pengetahuan yang terus berkembang dan terbuka akan perubahan yang ada akan membuat SDM akan semakin berkompeten pula dan mampu bersaing di era gempuran teknologi digital saat ini. Generasi mendatang diharapkan dapat membuat era baru dan bukan hanya sebagai pengguna teknologi yang telah ada.

Manfaat yang di dapat dengan memiliki pengetahuan tentang teknologi akan membuat seseorang tak mudah terjebak dalam penggunaan teknologi tersebut, seperti banyaknya peretasan dan penipuan yang kini menggunakan kemajuan internet. Generasi muda yang paham akan teknologi juga akan lebih mudah mengikuti perkembangan jaman dan dapat bersaing di kemudian hari, sehingga mereka tak akan tergilas oleh teknologi yang telah menguasai dunia.

Generasi muda memiliki peran penting dalam perkembangan dan keberlangsungan teknologi, seperti :

  • Pemuda Sebagai Agen Pendidik
    Pendidikan sebagai fondasi untuk pembentukan karakter generasi muda. Dengan menggunakan pengetahuan dan semangat dapat menyalurkan dan meningkatkan pendidikan untuk generasi berikutnya.
  • Pemuda Sebagai Agen Perubahan
    Pemuda memiliki peranan penting untuk menjadi poros dari perubahan untuk kemajuan bangsa. Meningkatkan inovasi dan kreativitas guna menciptakan sesuatu yang baru dan menyempurnakan yang telah ada sebelumnya menjadi salah satu peran generasi muda sebagai penerus.
  • Pemuda Sebagai Agen Pembangunan
    Pemuda memiliki peranan yang penting sebagai agen pembangunan di berbagai bidang. Berbekal kemampuan teknologi berbagai sektor dapat lebih di kembangkan tak hanya insfratruktur namun juga sistem pemerintahan. Bahkan pengenalan budaya yang lebih meluas.
  • Pemuda Sebagai Agen Pembaruan
    Seiring berkembangnya teknologi, Indonesia sendiri harus tetap mengikuti perkembangan teknologi agar tidak tertinggal. Peran pemuda sangat penting untuk menjawab tantangan sebagai agen pembaruan dengan menciptakan berbagai inovasi baru.

Dapat di lihat betapa pentingnya peran generasi muda untuk meningkatkan SDM yang dapat mengikuti arus teknologi. Peran generasi muda juga harus diikuti dengan pembentukan karakter yang berkualitas melalui pendidikan.

Teknologi memang sangat membantu perkembangan jaman dan kehidupan manusia, namun tanpa di ikuti kemampuan dan kebijaksanaan dalam penggunaannya akan menimbulkan dampak yang buruk. Semuanya akan berjalan seimbang apabila adanya peningkatan SDM di era 4.0 ini.

Penulis: Chita Rossicha Nuravrida

Referensi :
https://www.kompasiana.com/ekarahmawati2838/5f74359e285b2206c756e182/pentingnya-peran-pemuda-di-era-digital-untuk-kemajuan-bangsa?page=2

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 367 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pro Kontra Penggunaan Telepon Genggam Bagi Pelajar

15 Februari 2023 - 17:58 WIB

Trending di Tekno & Sains