Menu

Mode Gelap
 

Artikel · 28 Jul 2023 19:05 WIB ·

Willow Project Di Alaska Mengancam Perubahan Iklim Secara Drastis


 Willow Project Di Alaska Mengancam Perubahan Iklim Secara Drastis Perbesar

Pena Pijar, Artikel – Pada 13 Maret 2023 lalu Presiden Amerika Serikat, Joe Biden menyetujui berlangsungnya proyek pengeboran minyak di Alaska, yaitu Willow Project. Proyek ini memberikan beberapa keuntungan, seperti menambah lapangan pekerjaan, adanya pembangunan jalan dan mengurangi ketergantungan AS untuk mengimpor minyak dari negara lain.

Namun, walau begitu terdapat banyak pihak yang menentang proyek ini, karena memiliki potensi untuk mempercepat perubahan iklim. Seperti yang kita tahu Alaska termasuk dalam wilayah Arktik, yaitu tempat dimana pemanasan global paling cepat terjadi di bumi. Sehingga Alaska merupakan ekosistem yang sangat rentan terhadap aktivitas – aktivitas manusia, apalagi pengeboran minyak secara besar – besaran.

Willow Project sendiri adalah proyek pengeboran minyak besar – besaran yang diadakan oleh perusahaan ConocoPhillips di Alaska. Proyek ini diprediksi mampu menghasilkan minyak bumi hingga 576 juta barel dalam kurun waktu 30 tahun dan diperkirakan akan membuang 239 juta metrik ton karbon dioksida ke udara.

Sehingga dampak utama yang akan terjadi adalah mempercepat perubahan iklim. Sedangkan di Alaska tiap tahunnya terjadi kenaikan suhu hingga 4 kali lipat yang mengakibatkan mencairnya es di kutub utara. Selain itu, proyek ini akan berdampak pada hewan – hewan di Alaska yaitu kehilangan habitatnya, seperti beruang kutub, burung loon dan salmon.

Sehingga banyak aktivis – aktivis lingkungan yang mencegah terjadinya Willow Project ini, namun sayangnya proyek ini telah disetujui oleh pemerintah Amerika Serikat.

Penulis: Salsabila Jahroh M

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 41 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Pentingnya Belajar Ilmu Mengasuh Anak Sejak Dini

29 Maret 2024 - 12:45 WIB

Untuk Apa Perempuan Sekolah Tinggi-Tinggi?

24 Maret 2024 - 11:08 WIB

Menakan Ekspor Biji Nikel dengan Hilirisasi

21 Maret 2024 - 21:23 WIB

Pernikahan Dini menurut Kaca Mata Feminisme

15 Maret 2024 - 14:24 WIB

Stop Merokok Saat Berkendara

15 Maret 2024 - 14:19 WIB

Pentingnya Peningkatan Literasi Digital pada Kalangan Mahasiswa

29 Februari 2024 - 21:25 WIB

Trending di Artikel