Foto : Panitia acara lomba hari Pendidikan Nasional HMP Golden Age


Penapijar.com – Dalam rangka memperingati  hari Pendidikan Nasional, HMP Golden Age (PG PAUD) Universitas Jember melaksanakan kegiatan lomba mendongeng nasional dengan tema “Tanpa Imajinasi Anak Tak Bisa Berkreasi”. Timeline acara telah dimulai sejak 18 April 2021 hingga final kegiatan yang telah dilaksanakan pada Senin, 2 Mei 2021.

Serangkaian kegiatan lomba dilakukan secara online, dan diikuti oleh 65 peserta. Peserta lomba membuat video mendongeng dengan persyaratan yang telah ditentukan panitia. Kegiatan lomba mendongeng tingkat nasional ini, menggandeng Kak Awam selaku pendiri Kampung Dongeng dan Kak Bimo selaku pendiri Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI), sebagai juri. Pada saat final dan pengumuman pemenang, para juri juga memberikan ulasan terhadap hasil karya peserta lomba secara terbuka melalui media Zoom.

Aditya, selaku Ketua HMP Golden Age mengungkapkan bahwa kegiatan mendongeng memiliki peran penting dalam perkembangan imajinasi anak.

“Melalui kegiatan mendongeng, anak mampu berpikir kreatif dalam menanggapi suatu permasalahan yang terdapat dalam dongeng, serta dapat memperkaya kosa kata baru melalui dongeng yang didengar atau disimaknya.”

HMP Golden Age berharap, kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang positif untuk para peserta dan masyarakat umum. Selain itu, melalui lomba mendongeng ini peserta juga diharapkan mendapat wawasan-wawasan baru terkait kegiatan mendongeng melalui ulasan dan poin-poin penting yang telah disampaikan secara terbuka oleh juri.

 

Penulis : Elina

Editor : Achmad Fuji Asro