OPINIPIJAR.COM – Sampah merupakan barang yang berasal dari hasil aktivitas manusia yang tidak memiliki nilai ekonomis yang artinya sampah adalah barang yang tidak mempunyai nilai dan tidak dapat digunakan. Namun ada juga seseorang yang mengumpulkan rongsokan sampah untuk dijual. Masyarkat Indonesia masih banyak yang suka membuang sampah sembarangan apalagi di sungai sampai betumpuk-tumpuk yang menyebabkan air sungai tercemar dan bisa juga berdampak banjir. Pemerintah sudah banyak upaya yang dilakukan untuk menanggulangi masalah seperti ini, Namun yang susah diatur masyarakatnya sendiri padahal sudah banyak disediakan tempat sampah tapi tetap saja tempat sampah itu tidak berfungsi. Dapat dikatakan juga kalau membuang sampah sembarangan sudah menjadi tradisi bagi Sebagian masyarakat Indonesia. Tumpukan sampah yang menggenang di sungai bisa menyebabkan banjir. Banyak masyarakat yang mengeluh dengan kedatangan banjir tersebut, Namun peristiwa tersebut yang menyebabkan juga mereka sendiri tetapi yang disalahkan masyarakat pemerintah karena tidak benar dalam mengurusi masalah banjir.

Pemandangan tak elok tampak dari atas sebuah jembatan. Sampah yang memenuhi aliran sungai yang mengakibatkan air sungai berwarna kecoklatan tetapi tidak menimbulkan bau tak sedap. Masyarakat Indonesia belum sepenuhnya mempunyai kesadaran yang tinggi untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan nyaman. Masyarakat baru sadar bila memasuki musim hujan karena pada saat musim hujan seluruh sungai yang banyak sampahnya mengalami banjir.

Nilai kebersihan dalam kehidupan itu sangat penting, oleh karena itu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan agar senantiasa bersih menjadi sangat urgent. Masyarakat sering menyepelekan perbuatan apa yang telah mereka perbuat dan tidak pernah berpikir apa yang akan terjadi jika dilakukan terus menerus. Pendangkalan air sungai akibat penumpukan sampah akan membuat volume tampungan air sungai berkurang. Ketika hujan besar sungai tidak mampu menyediakan volume yang cukup untuk air mengalir. Belum lagi sungai tersebut tercemar sampah yang merupakan tempat berkembangnya bakteri penyakit. Jika air tercemar tersebut dikonsumsi maka bakteri akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diare,tipus,dan polio. Selain itu sampah juga melepaskan senyawa toksik ke sungai. Senyawa tersebut sangat berbahaya tidak hanya membunuh tumbuhan dan hewan air melainkan juga dapat meracuni manusia.

Oleh karena itu kita sebagai masyarakat Indonesia harus menjaga kebersihan lingkungan termasuk sungai, buanglah sampah pada tempatnya. Banyak yang dirugikan Ketika kita membuang sampah di sungai apalagi jika sampai tercemar di laut para ikan-ikan di laut pasti juga ikut mati. Sayangi lingkungan kalian seperti kalian menyayangi orang tua.

*) Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Referensi :

Trisnawati. D. 2019. Opini : Sampah dan Berbagai Permasalahannya. https://makassar.terkini.id/opini-sampah-dan-berbagai-permasalahannya/.

Lotulung. G. A. 2021. Dampak Membuang Sampah Sembarangan di Sungai. https://amp.kompas.com/skola/read/2021/10/29/133000069/dampak-membuang-sampah-sembarangan-di-sungai#aoh=16452375970063&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&amp_tf=Dari%20%251%24s.

Mutiara Chairunnisa P. 2019. Kebiasaan Masyarakat Membuang Sampah Sembarangan. https://kanalinspirasi.com/kebiasaan-masyarakat-membuang-sampah-sembarangan/amp/.

 

Penulis : Cindy Eka Puspitasari

Editor : Miftahur Rofiah